Memasarkan Usaha Kuliner Menggunakan Youtube? Apakah Bisa? Kenapa Tidak?

40

101Red – Di zaman yang penuh teknologi ini, kita dipaksa untuk terus beradaptasi dengan berbagai kemajuan, termasuk inovasi dalam berwirausaha. Kehadiran teknologi yang canggih tidak hanya mempermudah manusia dalam berkomunikasi saja, namun kecepatan dalam menyampaikan informasi. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila banyak UMKM, khususnya usaha kuliner memutuskan untuk memasarkan produknya melalui media sosial, misalnya: YouTube, Instagram, Twitter, maupun TikTok.

Keterlibatan UMKM dalam digital marketing mulai banyak. Terbukti dari adanya survei yang pernah dilakukan oleh Sea Insights: selama pandemi, sebanyak 54% responden pengusaha UMKM semakin aktif menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang menerapkan strategi marketingnya menggunakan media sosial.

Salah satu cara yang bsia dilakukan saat melakukan marketing usaha kuliner adalah mengelola konten media sosial. Saat memutuskan memiliki media sosial sebagai media digital marketing, maka jangan biarkan media sosial tersebut tidak aktif. Setidaknya, pemilik usaha harus menciptakan konten yang berkaitan dengan produk untuk menarik para pembeli.

Tentu saja pilihan untuk menggunakan media sosial ada beragam, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin maksimal membagikan foto produk dengan tampilan yang lebih rapi, disarankan untuk menggunakan Instagram. Pemilik usaha bisa mengundang banyak followers, mengadakan give away, dan mengunggah foto terkait produk terbaru. Selanjutnya, jika memilih untuk menggunakan Twitter, maka kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan semakin besar. Kita bisa mendapatkan testimoni maupun menerima pesan dari pelanggan terkait produk yang ditawarkan

YouTube dinilai lebih efektif sebagai media marketing usaha kuliner. Apa saja yang menjadikan Youtube lebih efektif? Yuk, simak penjelasaannya berikut ini.

Banyaknya Review Kuliner di YouTube

Konten yang mendominasi platform YouTube sebagian adalah review mengenai informasi kuliner. Tidak jarang sebelum memutuskan untuk membeli, masyarakat memeriksanya terlebih dahulu di YouTube. Dengan melihat produk makanan melalui YouTube, calon pembeli bisa tergugah untuk menyicipi juga.

Ada Kesempatan untuk Dilirik YouTuber Kuliner

Marketing usaha kuliner melalui YouTube akan berjalan semakin maksimal jika bersamaan dengan review yang dilakukan secara sukarela oleh YouTuber Kuliner. Jika kualitas masakan yang ditawarkan memang layak untuk direkomendasikan, tidak menutup kemungkinan sebuat tempat usaha kuliner dapat didatangi oleh YouTuber kuliner kenamaan seperti: Nex Carlos, Evan Media, dan Anak Kuliner.

Setelah kamu tahu alasan YouTube lebih efektif, kamu juga perlu tahu bagaimana caranya memasarkan usaha kulier kamu di YouTube.

Baca Juga : Simak Tips Berikut Agar Tidak Kebablasan Berbelanja Barang Diskon di e-Commerce?

Langkah-langkh Memasarkan Usaha Kuliner di YouTube

Pastikan Anda mendaftar menggunakan alamat email Gmail dan login ke YouTube.

Klik tombol profil bagian kanan

Klik ‘create channel’ untuk membuat channel

Isi identitas kanal YouTube sesuai dengan nama tempat usaha kuliner

Mulai untuk unggah video

Untuk pembutan video-nya, kamu juga bisa ikuti beberapa langkah berikut.

Rekam Video

Kamu harus merekam video yang menurut kamu cocok untuk kamu upload di akun Youtube kamu. Bahkan kamu bisa membuat merekam beberapa video. Jangan memasukkan ataupun merekam video yang tidak ada kaitannya dengan usaha kuliner kamu.

Editing Video

Setelah kamu merekam video yang kamu butuhkan, saatnya kamu melakukan editing video. Kamu bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu video. Menambahkan backsound pada video-mu. Bahkan, kamu bisa menambahkan deskripsi mengenai informasi tempat usaha kuliner tersebut. Informasi yang biasa dicantumkan berupa nama, tempat, alamat, dan nomor/kontak yang bisa dihubungi. Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

 

 

 

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here