Mau Berjualan di Facebook? Ketahui Dulu Algoritma-nya Agar Penjualanmu Semakin Laris

24

101Red – Seorang pebisnis harus melakukan pengiklanan atau promosi bisnisnya. Hal ini dikarenakan keberadaan iklan dapat menunjang atau mendongkrak perkembangan sebuah bisnis yang dilakukan oleh seorang pebisnis.
Sebelum perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secanggih ini, iklan hanya dilakukan secara konvensional atau mengunjungi target market langsung ke lokasi mereka, atau hanya dari door to door.
Namun untuk saat ini, hal tersebut sudah mulai ditinggalkan dan sangat sulit kamu temui, karena media promosi dengan konvensional dianggap memakan waktu yang lebih banyak dan bahkan menghabiskan dana lebih besar. Tetapi kini, media pemasaran atau iklan yang sering digunakan oleh pelaku bisnis adalah dengan memanfaatkan platform media sosial.
Saat ini, media sosial memang memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah pebisnis, tak heran jika kemudian pebisnis masa kini sudah mulai membuat akun tersendiri untuk menjalankan bisnis mereka.

Tidak hanya untuk mempromosikan bisnisnya, penjualan pun sudah dapat dilakukan di media sosial. Contoh salah satu platform media sosial yang dapat melakukan penjualan adalah Facebook. Untuk mengoptimalkan penjualan di Facebook, kita perlu memahami algoritma yang digunakan facebook. Bagi yang bingung, Apa itu algoritma? Bagaimana algoritma Facebook? Yuk, kita simak aja penjelasannya dibawah.
Apa itu Algoritma?
Sebelum kita jauh-jauh membahas tentang algoritma terbaru yang diterapkan oleh Facebook di tahun 2021 ini, kamu harus tahu dulu nih, apa sih algoritma itu. Karena bagaimanapun, hanya dengan mengetahui definisi sebuah katalah kamu bisa menentukan langkah yang akan kamu ambil selanjutnya, termasuk algoritma ini.
Algoritma adalah seperangkat aturan, atau kebijakan matematika yang telah dirancang dan ditetapkan oleh sebuah platform media sosial yang mana, dengan adanya algoritma tersebut akan sangat membantu sebuah platform media sosial dalam menentukan perilaku sekelompok data, sehingga bisa menyimpulkan postingan apa saja yang akan muncul di beranda tiap penggunanya.
Semua platform media sosial memiliki algoritma platform mereka masing-masing, misalnya ya Facebook, Instagram, Wa, dan Youtube.

Algoritma Facebook Terbaru
Karena algoritma Facebook terbaru ini belum lama dirilis, tentu sebagian besar orang masih belum mengetahui algoritma Facebook terbarunya, sehingga sangat menguntungkan bagi kamu yang saat ini tengah membaca artikel tentang algoritma Facebook terbaru. Algoritma Facebook terbaru yang diterapkan di tahun 2021 sejak Januari lalu terbilang sangat mudah untuk kamu pahami.

Ketika kamu sedang berselancar di Facebook, kamu bisa memperhatikan fenomena yang ada di beranda kamu. Kamu pasti kerap mendapati bahwa postingan-postingan yang ada di beranda kamu adalah postingan teman-teman dekat kamu, atau bahkan grup yang sering kamu buka. Hal ini menandakan bahwa kamu sering melakukan interaksi dengan akun Facebook tersebut atau grup tertentu.

Sebagai contoh, kamu sering memberikan berkomentar, memberikan like, atau bahkan membagikan kiriman mereka. Nah, jika kamu sering melakukan interaksi dalam bentuk yang demikian, tak heran jika beranda kamu hanya akan dipenuhi dengan postingan dari akun yang sama. Alasannya adalah, karena algoritma Facebook terbaru memang demikian. Atau, jika kamu sering menonton video yang muncul di beranda, maka beranda kamu akan dipenuhi dengan berbagai video yang dianggap relevan dengan video yang selama ini sering kamu tonton.

Jadi sebenarnya, algoritma Facebook terbaru ini sangat simpel, yakni mereka mengedepankan interaksi antara akun yang satu dengan yang lainnya. Sehingga cara mengoptimasi penggunaan Facebook sebagai tempat iklan adalah dengan sering-sering melakukan komunikasi atau interaksi dengan target market kamu.
Semakin bijak kamu memilih berinteraksi dengan siapa, maka akan semakin besar peluang bisnis kamu berkembang. Stop untuk melakukan interaksi dengan akun teman-teman kamu saja, padahal bisa saja mereka tentu bukan target marketing kamu.
Cobalah menjalin interaksi dengan target market kamu.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here