Manfaatkan Marketplace untuk Bisnis Online-mu

104

101Red – Siapa sih yang gak pernah belanja online? Hampir sebagian masyarakat Indonesia yang pernah belanja online, baik di platform media sosial maupun di webstie e-commerce. Belanja online merupakan salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia di era digital marketing ini. Hampir semua barang yang anda butuhkan bisa anda dicari melalui belanja online. Belanja online sangat mudah dilakukan. Terlebih jika itu dilakukan di media sosial, anda hanya butuh sebuah akun untuk masuk ke media sosial tersebut.

Dan sekarang muncul istilah marketplace yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Facebook marketplace merupakan salah satu fitur baru Facebook yang paling banyak digunakan. Namun tidak hanya Facebook yang dapat digunakan untuk kegiatan jual-beli online.

Mari pahami lebih lanjut tentang marketplace.

Apa Itu Marketplace?

Marketplace adalah media yang dapat digunakan sebagai perantara antara penjual dan pembeli yang bertransaksi di dunia maya. Marketplace bertindak sebagai pihak ketiga di dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan serta fasilitas untuk pembayaran. Pada umumnya ada dua jenis kerja sama di situs marketplace Indonesia, yakni marketplace murni dan konsinyasi.

 

  1. Marketplace Murni

Marketplace murni adalah kerjasama pada website marketplace yang hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran yang dilakukan antara pemilik website dan juga penjual. Kebebasan yang diberikan penjual yang melakukan kerja sama lebih banyak dibandingkan jenis kerja sama konsiyasi.

Penjual hanya menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri. Serta, penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli. Jadi penawaran bisa dilakukan sebelum terjadi deal dan melakukan pembayaran. Setelah mendapatkan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, pembeli bisa mengirim sejumlah uang ke rekening yang disediakan di marketplace atau bisa mengirim ke e-wallet yang disediakan marketplace.

Contoh marketplace Indonesia yang menganut konsep marketplace murni adalah Tokopedia, Bukalapak, dan BliBli. Beberapa contoh marketplace dari luar negeri yang populer di Indonesia adalah Shopee (Singapura), Lazada (Singapura), JD.ID (Tiongkok), Amazon (Amerika Serikat).

 

 

  1. Marketplace Konsinyasi

Marketplace konsinyasi atau istilah mudahnya yaitu titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan website e-commerce, anda hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak e-commerce. Salah satu contoh marketplace yang menyediakan kerjasama ini yaitu Berrybenka, dan Zalora.

Pihak situs e-commerce akan mengurus segala sesuatu tentang penjualan, mulai dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Berbeda dari jenis kerjasama marketplace murni, di jenis konsiyasi ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena semua alur transaksi ditangani oleh website e-commerce. Perbedaan paling mendasar terletak pada tanggung jawab penjual serta alur transaksinya. Alur transaksi di marketplace terjadi langsung antara penjual dan pembeli, sedangkan kerjasama konsinyasi semua alur transaksi langsung ditangani di website e-commerce.

Setelah Anda memahami apa itu marketplace dan berbagai jenis website marketplace, mari lebih kenal dengan fitur dari Facebook yang memudahkan anda untuk berniaga.

 

Berjualan di Facebook Marketplace

Tidak hanya generasi muda atau milenial yang sering bertransaksi di dunia maya dan menggunakan e-commerce, Facebook marketplace. Anda tinggal upload foto produk yang dijual dan anda langsung bisa berjualan.

Anda bisa meng-klik tombol “Jual Sesuatu” di menu marketplace. Selanjtnya anda bisa memasukkan rincian serta foto produk. Selanjutnya anda klik tombol kirim. Voila, produk yang anda jual sudah dapat dilihat di Facebook marketplace.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here