Makin Hemat Saat Puasa Dengan Memangkas Kebutuhan Sehari-hari Ini

33
Makin Hemat Saat Puasa Dengan Memangkas Kebutuhan Sehari-hari Ini
Makin Hemat Saat Puasa Dengan Memangkas Kebutuhan Sehari-hari Ini

Tips hemat di bulan puasa – Kebiasaan yang sering terjadi di bulan puasa adalah pengeluaran yang tidak terkendali. Kebiasaan tersebut biasanya berupa boros dalam membeli makanan, baju baru, atau biaya akomodasi untuk mudik.

Nah untuk itu, Anda perlu mempersiapkannya. Saat bulan puasa, Anda bisa mengerem beberapa pengeluaran sehari-hari sehingga hal-hal yang dibutuhkan ketika bulan puasa bisa terpenuhi. 

Dengan begitu, Anda sangat diuntungkan ketika bulan puasa tiba karena pengeluaran tersebut bisa dihentikan sementara. Berikut adalah beberapa pengeluaran sehari-hari yang bisa dipangkas saat bulan puasa:

Camilan

Ketika bulan puasa, pengeluaran untuk membeli camilan bisa dikurangi. Biasanya di siang hari, seringkali kita merasa lapar atau haus dan kalap membeli camilan dengan harga yang lumayan mahal. Namun, pada saat bulan puasa tiba tentu Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk membeli camilan pada siang hari. Hal tersebut bisa menghemat pengeluaran Anda.

Makan Pagi

Biaya makan pagi atau sarapan juga termasuk yang bisa dipangkas ketika bulan puasa. Pasalnya, saat bulan puasa Anda pasti makan sahur dan tidak makan lagi hingga petang. 

Sedangkan biaya untuk berbuka puasa, Anda bisa mengambil dari jatah uang makan siang dengan alokasi yang tepat. Dengan begitu, pasti pengeluaran Anda saat bulan puasa akan lebih hemat dibanding hari biasa.

Baca juga: Bisnis mudah dan murah di bulan puasa

Rokok

Pengeluaran untuk membeli rokok biasanya lumayan besar. Apalagi bagi laki-laki yang biasanya bisa menghabiskan 1 bungkus rokok tiap harinya. 

Pada saat bulan puasa, pengeluaran satu ini bisa dipangkas sehingga Anda bisa lebih berhemat. Jika memungkinkan, Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok. Lalu mulai menyisihkan uang rokok untuk keperluan lain yang lebih penting.

Hiburan

Pengeluaran untuk hiburan seperti menonton bioskop, jalan-jalan, makan di luar bisa dipangkas saat bulan puasa. Anda bisa menghemat uang untuk aktivitas tersebut lalu menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Nah, dengan berhemat Anda pasti sedikit demi sedikit bisa mengumpulkan uang dan memenuhi keperluan Anda yang lebih besar. 

Salah satu cara yang bisa membuat uang Anda menjadi lebih banyak ialah dengan berinvestasi. Uang yang telah dihemat tersebut ada baiknya diinvestasikan jika Anda memiliki keperluan yang penting untuk diwujudkan. 

Anda bisa berinvestasi untuk mendapatkan bunga hingga 18% tiap tahunnya. Yang paling menguntungkan, Anda bisa berinvestasi di tempat yang sudah dinaungi OJK sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kejadian buruk yang mungkin terjadi. Pastikan pula untuk mengetahui fitur Auto Purchase yang memungkinkan Anda memilih produk investasi, bunga, tenor dan juga risiko.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here