Kiat Kiat Memulai Karir Sebagai Influencer Marketing

189

Kiat Kiat Memulai Karir  Sebagai Influencer Marketing

 

101Red – Bagi para pengguna media sosial seperti Instagram tentu sering melihat influencer marketing di timeline atau storynya. Baik  karena sudah follow influencer tersebut atau karena jadi brand ambassador sebuah produk. Sejak munculnya Instagram beberapa tahun lalu, istilah selebgram dan influencer jadi familiar di telinga kita. Bahkan kini banyak yang keinginannya untuk jadi influencer terkenal.

Meski sama-sama narsis di Instagram, selebgram dan influencer berbeda. Selebgram adalah mereka yang punya followers banyak sehingga terkenal di kalangan pengguna Instagram, sedangkan influencer adalah seseorang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Influencer tidak harus memiliki followers banyak karena ada juga mikro influencer dengan jumlah followers ribuan.

Belakangan muncul satu istilah lagi yang cukup populer di kalangan pengguna Instagram, yaitu influencer marketing. Seseorang yang disebut influencer marketing adalah mereka yang bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli atau menggunakan jasa sebuah brand. Influencer marketing jadi bagian dari strategi pemasaran modern untuk meningkatkan penjualan dan mendongkrak citra brand.

Peluang jadi influencer marketing juga sangat besar. Penghasilan yang tidak sedikit membuat profesi ini jadi incaran anak muda masa kini. Anda bisa memulai karir jadi influencer dengan penghasilan yang menjanjikan.

Influencer marketing merupakan seorang yang punya kapasitas pengaruh di kalangan pengguna sosial media dan memanfaatkannya untuk mempromosikan barang atau jasa. Mereka jadi bagian strategi marketing yang diharapkan bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan membagikan konten di sosial media, influencer marketing bisa mendapat penghasilan hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya

Pada awalnya mereka tidak langsung jadi influencer marketing. Setiap influencer memulai dengan nol followers. Lalu mereka berusaha membangun diri sebagai sebuah merek dengan personal branding. Dengan begitu mereka akan dilirik oleh pemilik brand untuk mengiklankan produk tersebut. Semakin berpengaruh di media sosial membuat pemilik brand tertarik menggunakan jasanya memasarkan produk.

Menjadi influencer marketing punya banyak keuntungan yang bisa dirasakan secara langsung. Selain penghasilan yang menjanjikan, berikut alasan mengapa anda harus jadi influencer marketing.

1. Bisa menghasilkan banyak uang

Alasan pertama dan utama orang memilih jadi influencer tentu saja karena bisa menghasilkan uang. Memang penghasilannya tidak menentu, tapi jumlahnya bisa lebih besar dari gaji bulanan karyawan kantoran. Sebut saja Atta Halilintar atau Ria Ricis yang penghasilannya bisa digunakan untuk membeli mobil baru dan rumah.

2. Termasuk karir yang menjanjikan

Dulu influencer dianggap sebagai pekerjaan sampingan, tapi sekarang bisa dibilang ini adalah jalan karir yang menjanjikan. Sudah banyak influencer yang meninggalkan pekerjaan tetapnya dan beralih jadi full time influencer. Jenjang karirnya pun ada. Anda bisa naik tingkat dari mikro influencer, lalu jadi makro influencer, kemudian jadi influencer premium.

Tips menjadi Influencer marketing

Influencer marketing awalnya juga dari nol followers, jadi anda yang baru mulai jangan khawatir atau berkecil hati. Coba lakukan tips menjadi influencer marketing ini dengan baik.

1. Menentukan target followers

Saat memulai jadi influencer marketing pertama anda harus tentukan target followers. Berapa jumlah followers yang diharapkan agar bisa jadi influencer marketing. Untuk itu anda harus cari tahu terlebih dahulu berapa banyak followers yang dibutuhkan.

Misal tujuannya ingin jadi mikro influencer, setidaknya anda harus memiliki 1.000 followers. Seorang bisa disebut sebagai mikro influencer jika punya followers sebanyak 1.000 hingga 100.000. Jadi harus fokus mendapat 1.000 followers pertama. Setelah target tercapai lalu buat target jumlah followers selanjutnya.

2. Cantumkan nomer handphone atau email di bio

Sudah punya followers ribuan dan konten menarik akan kurang maksimal jika anda tidak mencantumkan nomor handphone atau email di bio. Dengan menuliskan informasi kontak di bio membuat calon klien mudah menghubungi. Tulisan dengan jelas semua kontak yang bisa dihubungi beserta namanya. Ini akan memudahkan klien terhubung denganmu.

Selain informasi kontak, tulis juga lokasi tempat tinggalmu saat ini. Jika anda sering berpindah tempat tinggal, tuliskan semua kota yang sering anda tinggali. Pernah kan melihat bio yang tulisannya JKT – YK? Orang akan langsung paham bahwa anda akan mudah ditemui di kota Jakarta atau Yogyakarta.

Anda bisa menambahkan link ke situs website atau direct langsung ke Whatsapp. Ini sangat memudahkan klien untuk menghubungi anda dengan satu kali klik. Jika anda punya beberapa kontak atau informasi yang akan dibagikan bisa menggunakan link paralel di website atau dengan aplikasi seperti linktree.

3. Buat daftar harga yang relevan dengan performa IG anda

Karena tujuannya menjadi influencer marketing, jadi sejak awal harus sudah mulai menentukan daftar harga promosi. Jika suatu saat ada klien yang mengajak kerjasama anda sudah siap dan tinggal menyodorkan harga. Namun terkadang sebagai influencer pemula sering bingung menentukan fee jasa endorse. Lalu bagaimana cara menghitungnya?

4. Iklankan produk dengan maksimal sesuai keinginan klien

Sama seperti menjalankan sebuah bisnis, influencer marketing juga harus memenuhi keinginan klien dengan baik. Buat konten yang bisa memenuhi ekspektasi klien sehingga mereka merasa puas. Dengan begitu klien senang dan ada kemungkinan akan repeat order.

Selain itu reputasimu juga akan meningkat dikalangan pemilik bisnis. Karena biasanya mereka memiliki grup khusus yang sering sharing informasi. Apalagi jika berhasil membuat produk yang di promosikan laku di pasaran, namamu sebagai influencer marketing semakin melejit.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here