Kiat – Kiat Memasarkan Produk Makanan dan Minuman Secara Online

48

101Red – Memiliki usaha makanan adalah salah satu ide bisnis yang banyak mengalami perkembangan dewasa ini, akhirnya metode memasarkan produk makanan pun bervariasi. Selain itu, kuliner termasuk salah satu bisnis yang bisa bertahan dan terus bisa dikembangkan, pasalnya makanan merupakan kebutuhan setiap manusia.

Kamuikata  sedang menjalankan bisnis makanan, Kamu harus mengetahui tips marketing produk makanan yang menarik pembeli. Meski memiliki banyak pesaing, namun sebagai pelaku bisnis makanan harus mengerti cara memasarkannya agar dikenal oleh banyak orang.

Cara Memasarkan Produk Makanan Terbaik

  1. Memasarkan produk makanan dengan foto

Saat menjalankan usaha kuliner, cara memasarkan produk makanan yang terpenting adalah membuat foto produk yang menarik. Elemen ini merupakan yang paling penting untuk membuat produk lebih menarik saat pertama kali dilihat oleh pelanggan, sebelum mengenal lebih dalam produk. Apabila ada modal lebih untuk promosi, Kamu bisa menggunakan jasa foto produk profesional. Hal ini akan membuat foto produk makanan Kamu akan lebih enak dilihat.

  1. Manfaatkan media sosial

Setelah memiliki foto yang kamu rasa cukup bagus, Kamu sudah bisa memasarkan produk makanan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter. Penting diperhatikan target pasar di media sosial Kamu tepat sasaran, sehingga bisa cepat dikenal oleh pasar di berbagai jaringan. Strategi  ini termasuk salah satu cara paling dasar saat ini.

Dengan  mempromosikan produk makanan melalui media sosial ini pastinya akan sangat menghemat biaya sewa tempat dan sangat efektif. Jika belum memiliki tempat offline, Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai lapak berjualan dan promosi. Media sosial dapat menjangkau berbagai kalangan, karena banyak yang menggunakannya.

3. Melakukan Riset pasar

Salah satu cara yang tidak kalah penting adalah melakukan riset pasar sebelum memasarkan produk, baik melalui offline maupun online. Langkah ini dirasa penting karena memiliki data pasar bisa menjadikan acuan target yang akan dikejar nantinya.

Baca Juga: Macam – Macam Strategi Pemasaran dan Penjualan Online Produk Elektronik

Hasil riset ini juga bisa digunakan untuk menentukan pelanggan nantinya sehingga konsep berbisnis kuliner memiliki arah sebelum dipasarkan. Elemen ini juga akan menentukan konsep kemasan, berjualan, dan strategi pemasaran yang digunakan.

  1. Menggunakan kemasan yang menarik

‍strategi memasarkan produk makanan selanjutnya yang tidak kalah berperan penting untuk menarik pelanggan adalah kemasan yang menarik. Strategi awal ini menentukan bagaimana kesan pertama pelanggan sebelum mencicipi produk makanan Kamu. Jangan lupa membuat konsep yang unik sehingga membuat konsumen penasaran dan tertarik.

Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah sesuaikan dengan target pasar produk makanan Kamu. Apabila target pasar adalah anak kekinian, Kamu harus rajin riset dan meneliti desain dan kemasan apa yang tengah populer dan disukai anak muda saat ini. Warna termasuk hal yang penting, sehingga wajib diperhatikan secara matang.

  1. Menggunakan cara marketing yang unik dan menarik

Saat awal – awal  menjalani bisnis produk makanan, promosi yang unik ialah salah satu yang perlu Kamu ketahui. Promosi yang unik dan mencuri perhatian ini akan menarik banyak calon pelanggan yang datang. Kamu bisa memberikan beberapa penawaran unik di hari-hari khusus dengan syarat tertentu.

Selain itu, Kamu juga bisa memberikan promo untuk ulang tahun atau diskon di hari-hari penting, salah satunya flash sale di tanggal kembar yang kerap dilakukan di beberapa marketplace saat ini. Cara ini menjadi salah satu cara unik yang bisa diterapkan dalam usaha makanan Kamu.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here