Ketahui 11 Teknik On-Page SEO untuk Meningkatkan Performa Situs-mu

142

101Red – On-Page SEO adalah suatu faktor yang dapat memengaruhi peringkat suatu situs di hasil mesin pencarian. Semakin baik optimasi yang dilakukan, maka semakin besar juga peluang halaman situs Anda ditampilkan di halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari semacam Google.
Jika situs Anda ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian, maka peluang situs Anda dikunjungi semakin besar.
Berikut teknik On-page SEO yang bisa anda lakukan

  1. Buatlah URL Sesingkat Mungkin

Cukup dengan satu kata yang mudah dieja dan mudah diingat namun dapat menggambarkan tentang website Anda secara keseluruhan.

 

  1. Kaitkan Keyword Anda dengan URL
    Bayangkan saja bagaimana bila halaman Anda yang berisi resep masakan rawon dengan kata kunci «rawon» memiliki URL resepmbah.com/soto. Tentunya pengunjung situs Anda juga merasa janggal. Cobalah untuk memasukkan keywordatau hal yang berkaitan erat dengan keyword Anda pada URL.
  2. Gunakan LSI Keyword!
    Ketika mesin pencari memunculkan kata keyword yang disarankan bagi pengguna, mesin pencari itu akan membidik keyword utama pada judul lalu memeriksa relevansi judulnya dengan isi halamannya.
    Apabila judul yang ditemui kurang sesuai dengan kontennya, mesin pencari tersebut akan mencari LSI keyword dalam konten itu untuk mendapat kata atau kelompok kata yang berkaitan.
  3. Buatlah Konten yang Panjang di Situs Anda
    Faktanya, konten yang panjang itu dapat memuat lebih banyak LSI keyword sekaligus dapat dianggap sebagai suatu penjelasan atau pemaparan yang komprehensif dari pertanyaan/ keingintahuan pengunjung akan suatu hal yang Anda bahas di halaman Anda.
  4. Gunakan Keyword pada Judul

Kata kunci yang diletakkan di awal judul lebih baik bila dibandingkan dengan kata kunci yang diletakkan di tengah maupun akhir judul.

  1. Optimalkan Title Tag Anda untuk Click-Through Rate!
    Ada dua hal pasti yang dapat meningkatkan Click-Through Rate Anda. Dua hal tersebut adalah menggunakan angka pada judul artikel/halaman Anda dan menggunakan tanda kurung atau tanda untuk kata tambahan di judul.
  2. Gunakan Eksternal Link
    Ada suatu keliruan soal hal ini di kalangan para pengguna internet. Anda mungkin menganggap bila Anda memasukkan link milik website lain atau orang lain, maka poin page rank Anda akan berkurang. Namun kenyataannya, jika memasukkan dua external link di halaman artikel Anda, Anda mendapat poin 6, maka kedua external link tersebut masing-masing mendapat poin 3 (lebih sedikit dari Anda).
  3. Gunakan Internal Link
    Anda dapat menautkan linkdari halaman atau artikel lama Anda/ arsip yang ada. Misalkan, Anda mempublikasikan suatu artikel tentang optimasi On Page SEO, Anda dapat mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi artikel Anda sebelumnya tentang definisi SEO atau dasar-dasar SEO.
  4. Maksimalkan Kecepatan Loading Halaman
    Untuk hal ini, kami menyarankan Anda untuk berinvestasi dengan tepat pada penyedia hosting yang terbaik demi menghindari halaman yang crash karena kepadatan pengunjung.
  5. Gunakan Desain Mobile Friendly

Kemudian, cara lain selain memilih web hosting yang tepat yaitu menggunakan desain tampilan yang mobile friendly. Pada tanggal 21 April 2015 lalu, algoritma Mobilegeddon resmi dirilis oleh Google. Hal ini dikarenakan hampir semua orang yang mengakses internet kini menggunakan perangkat mobile untuk mengunjungi suatu situs hasil penelusuran Google.

  1. Sisipkan Konten Multimedia
    Cara terakhir yang kami bagikan untuk optimasi On Page SEO adalah memuat berbagai konten multimedia semacam gambar, cuplikan gambar, grafik dsb. Bagaimanapun juga komunikasi visual semacam ini jauh lebih disukai pembaca bila sesuai konteks. Seandainya tulisan Anda ingin menjelaskan tahapan pembuatan akun di Shopee, Anda bisa memasukkan konten gambar disertai uraian singkat mengenai tahapannya agar lebih efektif.

 

Banyak teknik-teknik yang dapat meningkatkan performansi situ Anda. Anda bisa segera mencobanya. Selamat mencoba!

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here