Kesalahan-kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Beriklan di Instagram Ads

139

101Red – Instagram ads merupakan fitur yang diluncurkan Instagram untuk membantu pelaku bisnis online untuk mempromosikan produknya. Instagram memiliki banyak pengguna sehingga kamu dapat menjaring mereka sebagai calon pembeli potensial. Apalagi jika Anda berencana memasang iklan di Instagram Ads, Anda harus menyiapkan konten yang relevan dengan target pasar Anda.

Sebelum memutuskan memasang iklan di Instagram ads, kamu harus mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam beriklan di Instagram ads agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama. Berikut beberapa kesalahan-kesalahan yang sering terjadi.

1. Tidak Menganalisis Relevansi Produk dengan Target Pasar

Ketika Anda menjual produk secara online atau melalui platform media sosial, tentu saja kompetitor Anda yang menjual produk serupa sangat banyak. Maka dari itu, jika Anda tidak menganalisis terlebih dahulu relevansi produk yang akan Anda jual dengan target pasar, bisnis Anda bisa kalah saing. Dengan menganalisis relevansi produk dan target pasar, Anda bisa mencari celah atau peluang market yang tepat dan berpotensi mendatangkan profit. Selain itu, produk yang Anda jual di platform media sosial lain seperti Facebook, belum tentu cocok untuk dijual di Instagram. Inilah pentingnya analisis relevansi produk dan target pasar.

2. Tidak Menerapkan Teknik Copywritingyang Efektif

Skill copywriting memang tidak bisa Anda dapatkan secara instan, perlu berlatih secara terus-menerus untuk menjadi mahir. Jika kegagalan dalam beriklan di Google Ads masih sering Anda alami, sebaiknya Anda melakukan evaluasi kembali. Bisa saja hal ini disebabkan karena teknik copywriting yang Anda terapkan masih belum optimal atau salah strategi.

Selanjutnya, Anda bisa mengasah kemampuan copywriting atau menerapkannya secara efektif berdasarkan strategi-strategi yang direkomendasikan oleh pakar di bidangnya. Dengan mengikuti cara-cara penerapan copywriting untuk Instagram Ads yang telah teruji, setidaknya Anda telah mengurangi risiko kegagalan yang mungkin terjadi.

3. Video dan Gambar yang Diiklankan Kurang Menarik

Anda tidak bisa fotografi ataupun videografi tidak bisa menjadi alasan untuk tidak membuat gambar/video yang bagus untuk iklan Anda. Coba amati bagaimana video atau gambar yang bagus untuk sebuah iklan. Jika gambar atau video Anda masih jelek, jangan malas untuk membuat gambar atau video yang bagus. Tools, aplikasi editing, dan jasa videografer atau fotografer sudah banyak bertebaran. Tinggal kita saja yang mau proaktif untuk menggunakannya atau tidak.

4. Berhenti Mencoba Saat Gagal Split Test

Split test atau pengujian berulang sebelum mengiklankan produk memang tidak menjamin 100% keberhasilan promosi yang Anda lakukan. Untuk mencapai kesuksesan Anda harus menggunakan strategi iklan yang tepat. Dalam hal ini, anda harus menemukan winning campaign sebagai usaha lebih untuk keberhasilan kampanye. Biasanya pada saat split test baru dilakukan beberapa kali dan hasilnya mendekati gagal, seringkali pebisnis berhenti mencoba. Inilah kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan, hingga cara yang tepat untuk mengiklankan produk Anda ditemukan.

Itulah penjelasan tentang kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam beriklan di Instagram Ads yang dapat berisiko kegagalan. Dengan demikian Anda bisa menciptakan strategi beriklan yang efektif dan dapat mendorong audiens melakukan pembelian.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here