Jangan Salah Langkah! Bisnis Tanpa Planning Bisa Berikan Efek Buruk Ini

28
Jangan Salah Langkah! Bisnis Tanpa Planning Bisa Berikan Efek Buruk Ini
Jangan Salah Langkah! Bisnis Tanpa Planning Bisa Berikan Efek Buruk Ini

Bisnis sampingan – Banyak entrepreneur pemula belum menyadari pentingnya sebuah perencanaan dalam menjalankan usaha bisnis. Berani mengambil resiko tanpa pertimbangan yang matang atau bisa dibilang hanya modal nekat saja.

Padahal rencana bisnis adalah hal paling mendasar yang berpengaruh besar dalam perjalanan bisnis.  Keberhasilan dan kegagalan memang bukan lah hal yang bisa dipastikan. 

Namun dengan sebuah perencanaan bisnis yang matang Anda dapat mempersiapkan diri menghadapi persoalan. Dengan begitu Anda akan lebih dekat dalam meraih keberhasilan.

Akibat Perencanaan yang Kurang Matang Saat Berbisnis

Oleh karena itu, jangan terburu-buru dalam menjalankan bisnis. Buatlah persiapan dasar perencanaan bisnis Anda agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dimasa mendatang. Berikut kami sebutkan 5 dampak buruk jika Anda menjalankan bisnis tanpa membuat perencanaan.

Visi Misi Tidak Jelas

Sebuah visi dan misi yang jelas sangat berperan dalam proses eksekusi ide bisnis Anda. Karena berpengaruh dalam strategi yang akan Anda terapkan untuk bisnis tersebut.

Baca juga: 5 Kutipan Stephen Hawking Tentang Bisnis yang Inspiratif

Tidak Realistis

Tanpa rencana yang jelas, Anda cenderung berandai-andai dan mempunyai ekspektasi yang lebih dibanding dengan realita yang ada. Kemungkinan buruknya, Anda tidak siap menghadapi permasalahan sepanjang berjalannya bisnis dan menjadi emosional daripada berpikir dengan logika.

Produk Tidak Diminati

Riset pasar adalah salah satu dari rencana bisnis yang harus dilakukan. Hal ini penting untuk dapat mengetahui target market pada bisnis Anda. Bila tidak dilakukan, produk Anda bisa jadi tidak tepat sasaran dan tidak diminati.

Kalah Dengan Kompetitor

Selain riset tentang pasar, perlu juga mempelajari tentang siapa kompetitor bisnis Anda. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan kompetitor, Anda bisa memikirkan strategi yang akan diterapkan dalam menghadapi persaingan pasar.

Peluang Gagal Lebih Besar

Bisa dibilang, jika Anda gagal membuat perencanaan bisnis, maka Anda sedang merencanakan sebuah kegagalan. Apalagi jika bisnis Anda sejak awal tidak memiliki modal besar, sekali gagal Anda kesulitan untuk memulai lagi dari awal. 

Bukan berarti dengan memiliki modal besar, Anda tidak perlu menganggap perencanaan bisnis ini penting. Lebih baik untuk mempersiapkan segala hal sebaik mungkin sebelum menjalankannya.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here