Jangan Diabaikan! Manajemen Risiko Pada Bisnis Ini Wajib Dipahami

29
Jangan Diabaikan! Manajemen Risiko Pada Bisnis Ini Wajib Dipahami
Jangan Diabaikan! Manajemen Risiko Pada Bisnis Ini Wajib Dipahami

Jualan Online – Manajemen risiko merupakan sesuatu yang harus Anda perhatikan ketika membangun sebuah bisnis. Tanpa adanya pengelolaan yang baik, maka bisnis Anda tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Lakukan Manajemen Risiko Untuk Bisnis Dengan Cara Ini

Bagaimana cara terbaik untuk melakukan pengaturan risiko dalam bisnis? Berikut langkah-langkah melakukan manajemen risiko pada bisnis yang bisa Anda terapkan.

  • Lingkungan Internal (Internal Environment)

Lingkungan bagian internal bisnis Anda mulai dari integrity, risk-perspective, risk-appetite, ethical values, struktur organisasi, hingga pendelegasian wewenang harus Anda perhatikan pertama kali.

  • Penentuan Sasaran (Objective Setting)

Saat sudah menentukan tujuan atau sasaran, maka Anda bisa mengetahui risiko apa saja yang mungkin terjadi sehingga bisa dikelola dengan baik ketika sewaktu-waktu permasalahan tersebut dapat terjadi.

  • Identifikasi Peristiwa

Tujuan yang sudah Anda tetap pada usaha Anda, pasti akan mengalami peristiwa yang bisa berpengaruh pada pencapaian tujuan dari organisasi. Kejadian bisa berdampak positif atau negatif yang berisiko terhadap jalannya bisnis Anda.

Baca juga: Yuk Terapkan 5 Tips Psikologi Marketing yang Efektif

  • Penilaian Risiko (Risk Assessment)

Penilaian ini akan membantu Anda mengamati seperti apa suatu kejadian dapat mengganggu tujuan yang ingin Anda pakai. Saat Anda sudah dapat menilai risiko, maka Anda bisa mempertimbangkan sejauh mana hal tersebut memberikan pengaruh pada bisnis Anda.

  • Tanggapan Risiko (Risk Response)

Setelah Anda melakukan penilaian, maka Anda bisa menentukan bagaimana Anda menyikapi risiko tersebut. Tanggapan Anda bisa dapat terwujudkan dalam cara Anda mengurangi atau menghindari risiko buruk yang berpengaruh pada bisnis Anda.

  • Aktivitas Pengendalian (Control Activities)

Ketika Anda sudah memutuskan bagaimana Anda memberikan tanggapan terhadap suatu risiko, maka Anda bisa menentukan aktivitas pengendalian yang bisa Anda lakukan untuk mencegah risiko tersebut terjadi.

  • Informasi dan Komunikasi (Information and Communication)

Langkah ini akan membantu Anda menyampaikan informasi yang relevan dengan lebih tepat. Anda bisa memperhatikan kualitas informasi yang akan disampaikan sehingga bisa mengatur risiko dalam bisnis dengan baik.

  • Pemantauan (Monitoring)

Saat semua langkah pertama hingga akhir sudah Anda lakukan, maka tindakan yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemantauan. Anda bisa melakukan monitoring secara terus menerus atau terpisah. Melalui pemantauan ini, Anda bisa melihat seperti apa kinerja yang dicapai oleh usaha Anda.

Dengan melakukan manajemen risiko tersebut, maka Anda bisa membuat bisnis Anda berjalan lebih lancar.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here