Jadi Pengusaha Jangan Pelit

1231

Peluang Bisnis Jualan OnlineIni postingan singkat aja, tapi semoga menginspirasi. Selama ini kalian ngiklan, sukses, leads banyak masuk.

Maksudnya Leads itu apa sih?
1. Orang udah belanja di website, tapi belum bayar
2. Orang udah daftar workshop/membership, tapi belum bayar
3. Orang udah niat beli klik link WA, tulis Orderannya apa, tapi belum bayar.

Intinya leads itu adalah peluang yang belum CLOSING atau ngehasilin duit.

Leads yg belum Closing ini, kita kasih nama CABUY ya (calon buyer), karena belum jadi buyer kan.

Nah sekarang anggap lah gini 😎

KALIAN IKLAN nih, misalkan sehari dapet 50 cabuy.
tapi karena anggap lah, kalian gak punya CS, semua masih pegang sendiri, kalian cuma ngeladenin orang yg pas kalian info nomor rekening –> langsung transfer. Dari 50 orang, cuma 10 orang yg langsung transfer.. Nah terus? 40 orang lain-nya dicuekin? kalau mereka gak bayar? ya sudah?

Banyak banget loh Online Shop yang kayak gini.. setelah dia bilang mau order –> kita cuma reply pake autotext nomor rekening kita sama palingan kita kasih tau nominal yg kudu ditransfer.

Karena dari jaman dahulu kala sampai saat ini –> rata rata mentor ngajarinnya –> “dia gak mau?, masih banyak ikan di laut kok, fokus ngiklan aja buat datengin ikan ikan lain”

Gak Salah sih ngajarinnya gitu, tapi kadang yg baca itu malah ngartiinnya, oh ya udah, elo ga mau ya udah, rejeki gak kemana, tapiiiii kita sendiri gak ada effort untuk garap lebih jauh kayak konsul gitu…seringkali kita cuma kasih info rekening, kelar.. krik krik krik, tunggu customernya bayar.

Gue banyak belajar dari Om Sunil dan Om Revata pas trakhir ketemuan kemarin ini di Sunter. Jadi tulisan ini adalah credit to them.

🔻🔻🔻🔻🔻🔻

Contoh respon pertama yang baik, misal jualan obat diet, dan kalian mau closing via WA ..

Teguran pertama:

halo kak Kinoy, terima kasih atas order Obat Diet Tongfang, saya Unyil dari diettongfang, berikut ini adalah nomor rekening dan jumlah yg harus dibayar ya (masukin disini infonya)

Kalau saya boleh tau, apakah Kak Kinoy saat ini lebih memilih menurunkan berat badan dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat, atau kak Kinoy saat ini lebih suka berolahraga?
(NAH INI KALIMAT TANYA yang langsung di insert di sapa-an pertama ketika kalian WA untuk closing)

🔻🔻🔻🔻🔻🔻

KENAPA SIH harus ada kalimat tanya?, biar terjadi interaksi!, tak kenal tak sayang lah intinya, makin panjang interaksi-nya, makin mulai timbul rasa trust, yang berujung CLOSING, bahkan bisa jadi cross/up sell.

KALIMAT TANYA, usahakan bertanya dengan pilihan ganda, jadi bukan pertanyaan yg jawabannya bisa awur2an, terus CS-nya bingung kalau customernya nanyanya beda, ga ada di script wakakakakaka

🔻🔻🔻🔻🔻🔻

btw.. boleh juga sih becandain.. reply gini (kalau udah tanya2 masih juga gak dibales alias cuma di read doang)

“kak, jangan cuekin akuu kak 😭😭😭, kalau kakak batal, saya gak musuhin kakak kok”

–> kadang tulis kayak gini, malah direply bwakakkakakaka 🤣

🔻🔻🔻🔻🔻🔻

NAH Lalu maksudnya JANGAN PELIT itu gimana?

BEGINI..
👉 Anggap kalian kerja sendirian, jadi CS sendirian, cuma bisa pegang 10 closingan sehari, tapi ada sisa 40 cabuy lainnya, nah DATA INI kalian kasih lah ke temen kek, tetangga kek, sodara kek, minta mereka closingin. oh.. kalian juga harus siapin script-nya yah jangan lupa.

Misal margin kalian untuk 1 produk itu 50ribu rupiah stelah potong cost iklan untuk datengin itu leads –> NAH INI!, JANGAN PELIT –> kasih KOMISI ke temen/tetangga/siapapun itu, Tiap Closing, kamu saya kasih 20ribu!, atau bahkan 30ribu!

Ruginya kalian apa emangnya?, INI adalah duit yang tadinya udah HAMPIR HILANG dari genggaman, JANGAN MARUK tetep kekeh dapetin margin 50rb lagi.

JADI INI MACAM kalian punya reseller yang leadsnya kalian yg cariin.. mereka tinggal closingin

👉 Nah kalau kalian ternyata punya CS, atau akhirnya hire CS, rata rata staff pasti maunya kan dikasih gaji, ya tinggal kalian atur gede di komisi, atau gede di gaji?, dan kalau ada sistem gaji,

tentunya ada target kayak “neng, saya biasanya CS-in sendiri, 10 closingan dapet tiap hari tanpa harus susah payah ngobrol2, nah berarti komisi kamu baru mulai dari orang ke 11 ya”

🔻🔻🔻🔻🔻🔻

Sejak gue berlakukan hal ini, mulai dari rubah script closing yg gak cuma info nomor rekening, tapi ada kalimat tanya, DAN gw juga berlakukan bonus ke para CS gw
(maklum gw dah punya CS tapi selama ini jadi CS pasif yg cuma ladenin pertanyaan status order, resi, dan closingan yg udah bayar doang)

HASILNYA CIAMIK 👍👍

Udah sih gitu ajah, semoga ber-faedah

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here