Jadi Entrepreneur? Anda Harus Punya Mindset Berikut Ini

416

101red.com – Menjadi entrepreneur atau pengusaha tentu mempunyai resiko yang cukup besar. Namun hal itu sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh yaitu cukup besar juga. Tetapi ada beberapa pengusaha yang gagal kemudian menyerah dalam menjalankan bisnisnya.

Padahal jika Anda mengetahui pengusaha-pengusaha besar, keberhasilan yang ia capai tidak semudah kelihatannya. Mereka juga harus mengalami berbagai kegagalan hingga memperoleh keberhasilanya saat ini.

5 Mindset Entrepreneur dan Cara Membangungnya

Menjadi seorang entrepreneur memang tidak semudah yang dikatakan oleh sang motivator. Anda harus mengorbankan beberapa hal untuk bertahan hingga bisnis yang anda kelola berhasil. Salah satu yang sangat berpengaruh pada kesuksesan entrepreneur yaitu pola pikir atau mindset. Ada 5 mindset yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Mindset sendiri diartikan sebagai ukuran kekuatan entrepreneur dalam memegang kendali bisnis yang dijalankan.

1. Berani Mengambil Resiko

Mindset pertama yang harus ditanamkan oleh seorang entrepreneur yaitu berani mengambil resiko. Pengambilan risiko bisa dilakukan dengan berpikir optimis kedepan dimana hal tersebut pasti bisa untuk dicapai.

Optimis dalam entrepreneur tentu bukan optimis buta, karena Anda harus mempelajari berbagai risiko dan strategi untuk dapat mencapainya. Banyak orang yang belum atau tidak sukses dalam bisnisnya karena mereka tidak berani mengambil resiko.

2. Belajar Terus Menerus

Salah satu kegagalan terbesar dari seorang entrepreneur yaitu merasa puas akan ilmu yang ia miliki. Mereka tidak mau belajar kemudian tanpa disadari mereka akan tertinggal dengan yang lainnya. Entrepreneur sukses adalah seorang pembelajar sejati dimana ia belajar terus menerus.

Ia selalu haus akan belajar untuk upgrade isi kepalanya, karena ia sadar bahwa investasi terbaik yaitu leher ke atas bukan terletak pada penampilannya. Seperti yang pernah dikatakan oleh Steve Jobs bahwa kita tidak boleh puas diri pada ilmu yang telah dimiliki.

3. Visi Besar

Visi menjadi gol utama dan pencapaian target sukses dari setiap perusahaan. Semakin bekualitas visi yang dimiliki, maka berkemungkinan pula tantangan yang harus dihadapi dalam mencapai visi tersebut.

Untuk meraih visi yang sudah ditulis, Anda perlu strategi yang matang untuk mempersiapkan berbagai tantangan yang mungkin akan terjadi kedepannya.

4. Mencari Peluang Baru

Anda perlu selalu memiliki pola pikir untuk mencari peluang baru. Pola pikir yang satu ini wajib dimiliki oleh setiap pengusaha karena mampu berguna untuk menjaga roda bisnis tetap berjalan lancar. Namun banyak orang yang membatasi kemampuan dan potensi diri dari mereka sendiri. Mereka hanya berhenti dan puas pada satu titik saja.

Seorang entrepreneur perlu menjadi seorang yang peka terhadap peluang-peluang yang datang kemudian mengambil peluang tersebut. Pengambilan peluang juga tidak secara mentah saja, karena Anda perlu mengambilnya dengan perencanaan yang sudah matang terlebih dahulu.

5. Action Oriented

Seorang entrepreneur tidak berhenti pada ide saja, melainkan harus fokus pada tindakan dan eksekusinya. Banyak orang yang terjebak dalam ketakutan dengan resikonya dan berhenti pada ide saja. Alasan yang sering dipakai yaitu belum sempurna, nanti dulu dan masih banyak alasan lainnya.

Entrepreneur sejati akan memilih langkah lebih awal kemudian menyempurnakan sambil berjalan. Karena jika dari awal sudah sempurna, tentu hal tersebut tidak mungkin terjadi. Sebuah bisnis selalu mengalami perubahan untuk menjadi yang lebih baik. Lakukan apa saja yang bisa dilakukan tanpa harus menunggu menjadi sempurna.

Baca juga: Ingin Berjualan Online? Jadi Reseller atau Drop Shipper?

5 mindset atau pola pikir tersebut harus tertanam pada seorang entrepreneur. Menjadi seorang entrepreneur memang tidak mudah, namun jika Anda menjalani dengan sepenuh hati tentu apa yang anda ingin peroleh akan dicapai dengan mudah.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here