Ini Kelebihan Facebook Pay Yang Bakal Masuk Ke Indonesia

205

101Red – Kegiatan transaksi dengan memanfaatkan uang digital semakin familier bagi masyarakat Indonesia. Sangat banyak orang yang memang lebih menyukai sistem cashless ini. Itu sebabnya di Indonesia, Facebook juga ikut melirik pasar alat pembayaran digital saat ini. Pada November 2019 lalu, salah satu perusahaan media sosial itu dikabarkan masuk dalam persaingan di dunia cashless.

Jika telah diberikan izin secara resmi untuk berkiprah di Indonesia, terdapat beberapa kemudahan yang ditawarkan untuk bisa kita nikmati dengan menggunakan Facebook Pay. Cakupan Facebook Pay akan dapat luas secara langsung serta dapat digunakan untuk banyak kebutuhan karena Facebook memiliki kerja sama dengan fintech-fintech lokal raksasa.

Format secara detil memang belum ada diumumkan pihat terkait, namun kita dapat membayangkan bagaimana untuk melakukan order makanan secara online atau belanja pulsa, sudah ada tambahan pilihan Facebook Pay di menu.

Kelebihan dari alat pembayaran ini yaitu adanya upaya untuk menyatukan tiga aplikasi sekaligus. Selain Facebook tentu saja, Facebook Pay juga bisa digunakan untuk aplikasi WhatsApp dan Instagram yang juga bagian dari perusahaan raksasa itu.

Bisa jadi nanti kalau kita mau melakukan pembayaran seperti transfer lewat WhatsApp atau belanja produk langsung di Instagram udah bisa dilakuin dengan Facebook Pay tanpa harus keluar dari dua aplikasi itu.

Kelebihan ini, sebagaimana yang dicatat oleh Reuters bahwa merupakan yang pertama kali diterapkan di Indonesia. Dengan catatan, Facebook Pay jadi dapat izin dari pemerintah untuk masuk ke negara kita.

Sebelumnya dilaporkan juga kalau WhatsApp, sempat melakukan pembicaraan bisnis dengan para fintech lokal itu Agustus tahun lalu. Ini yang mendasari dugaan bahwa akan ada sistem pembayaran online baru menggunakan WhatsApp.

Perwakilan Facebook Indonesia yang dikutip Reuters menerangkan kalau Facebook memang memberi perhatian khusus pada perkembangan platform pembayaran digital baru untuk mendukung berkembangnya kesempatan bisnis yang lebih luas.

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan para partner di Indonesia. Diskusi masih berjalan dan belum ada apa pun yang bisa disampaikan saat ini,” ungkapnya.

Asisten Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta menyebutkan hingga saat ini, secara resmi belum ada permintaan perizinan yang masuk terkait operasional Facebook Pay ke pemerintah. “Sejauh ini belum ada yang mengajukan perizinan. Beberapa dari mereka hanya datang untuk melakukan rapat konsultasi dengan BI,” jelasnya kepada Reuters.

Facebook serius dalam mengembangkan alat pembayaran ini karena meiihat potensi Indonesia yang sangat besar. Dari 270 juta penduduknya, 100 juta di antaranya merupakan pengguna aktif Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Sehingga kehadiran Facebook Pay bakal lebih mudah menjangkau masyarakat.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here