Ini Cara Mendapatkan Uang dari YouTube!!

73

101Red – Yuk, belajar cara mendapatkan uang dari YouTube, Jikalau Anda merasa tidak nyaman dengan pekerjaan kantoran, banyak pilihan pekerjaan lain lho untuk Anda. Nah, salah satunya adalah bekerja sebagai content creator YouTube. Ya, Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube lho!

Apakah Anda sudah tahu konten seperti apa yang ingin Anda buat? Jika sudah, sekarang Anda bisa lanjut belajar tentang cara membuat konten YouTube. Yang harus diingat bahwa cara dapat uang dari YouTube selalu diawali dengan konten berkualitas. Ini cara mendapatkan uang dari Youtube

  1. Riset Keyword

Riset keyword adalah suatu langkah yang penting dalam cara mendapat uang dari YouTube. Alasannya adalah supaya Anda bisa membuat konten yang selalu dicari oleh banyak orang.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan prediksi pencarian YouTube. Nah, ketika menuliskan kata kunci di kolom pencarian, YouTube akan memberikan berbagai prediksi kata kunci.

  1. Membuat High Retention Video

Dalam istilah high retention video masih cukup asing bagi bayak orang. Nah, dimaksud dengan high retention video adalah rata-rata persentase video yang ditonton. Sederhananya saja, Anda mengunggah video berdurasi 10 menit dan rata-rata orang hanya menonton video itu selama 5 menit. Artinya tingkat retensi video Anda adalah 50 persen.

YouTube tentu mengutamakan video dengan retensi tinggi karena membuat orang lebih lama menghabiskan waktu di platformnya. Semakin tinggi rata-rata retensi video Anda, semakin besar kemungkinan akan muncul di urutan teratas hasil pencarian YouTube. Jika Anda membuat video yang menarik, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan penonton, video Anda berpotensi untuk mencapai angka retensi yang tinggi.

  1. Mengetahui Faktor-Faktor Ranking YouTube

Bila dalam hasil pencarian Google Anda bersaing dengan ribuan website atau blog lain, di YouTube pun Anda akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan channel lainnya. keinginannya tentu video Anda selalu muncul di urutan teratas dari pencarian kata kunci berkaitan. Ada beberapa faktor yang menentukan ranking video di YouTube:

  • Jumlah Komentar

Jika video YouTube menunjukkan video dengan komentar lebih banyak cenderung menduduki peringkat teratas hasil pencarian.

  • Jumlah Subscriber Setelah Menonton Video

Apabila penonton langsung subscribe setelah menonton video Anda itu adalah sinyal yang bagus kepada YouTube.

  • Share Video

Dalam jumlah share video itu juga menentukan ranking Anda di hasil pencarian YouTube. Orang-orang tentu hanya akan membagikan video yang mereka anggap bagus dan harus ditonton orang banyak. Jadi kualitas adalah kunci utama agar video Anda banyak dibagikan di media sosial. Selain itu, Anda juga bisa mengingatkan penonton untuk membagikan video Anda.

  • Lalu Click Through Rate (CTR)

Dalam Click Through Rate (CTR) adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression hasil pencarian.

  • Durasi Video

Durasi video menjadi salah satu faktor penting yang menentukan ranking hasil pencarian YouTube. Jangan ragu untuk membuat video berdurasi lama. Selama kualitasnya bagus dan sesuai dengan keinginan penonton, video Anda akan tetap ditonton. Namun, usahakan untuk membahas konten Anda selengkap mungkin.

  1. Optimasi Judul dan Deskripsi

Kesan pertama itu selalu penting. Hal ini sangat penting untuk video YouTube Anda. Dimana Anda harus merangkum keseluruhan konten video dalam satu kalimat saja. Nah, Judul video YouTube Anda harus singkat, padat, jelas, dan tentunya mengandung focus keyword yang ditargetkan.

  1. Promosikan Video di Media Sosial

Dalam mempromosikan video di Media itu sangat penting, sosial Skenario terbaiknya adalah orang tidak sengaja menemukan video Anda, menyukai video Anda, lalu membagikannya di media sosial.

  1. Hubungkan Video di YouTube dengan Blog Anda

Bila Anda punya blog atau website, media promosi video YouTube Anda bertambah satu lagi. Anda sangat bisa menambahkan embed video YouTube ke website atau blog. Dengan demikian pengunjung blog atau website Anda bisa menonton video Anda dengan mudah tanpa perlu membuka YouTube.

  1. Monetisasi Channel YouTube

Nah, cara mendapatkan uang dari YouTube lain yang cukup efektif adalah dengan melakukan monetisasi channel. Dengan melakukan monetisasi, penonton video di channel YouTube Anda akan melihat iklan sebelum video dimulai. Sederhananya, untuk dapat melakukan monetisasi, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh YouTube. Berikut adalah beberapa syarat monetisasi YouTube yang harus Anda penuhi:

  • Anda jangan menayangkan video tentang hal kontroversial, peristiwa sensitif, narkoba, tindakan berbahaya, ujaran kebencian, perilaku bernuansa seksual, dan tindakan kekerasan.
  • Anda harus memiliki lebih dari 4000 jam waktu tonton publik selama 12 bulan terakhir.
  • Anda harus punya lebih dari 1000 subscriber.
  • Lalu Anda harus memiliki akun AdSense yang ditautkan.

Anda dapat mengaktifkan iklan di channel YouTube, jika  mengikuti panduan resmi dari Google ini. Pastikan Anda sudah memenuhi semua persyaratan dari YouTube. Setelah mendaftarkan monetisasi, YouTube akan melakukan peninjauan yang membutuhkan waktu sekitar satu bulan atau lebih.

  1. Tambahkan Link di Deskripsi Video

Dengan asumsi ada banyak orang yang menonton video Anda di YouTube tentu merupakan kesempatan bagus untuk meletakkan link di deskripsi video.

Setelah membuat channel YouTube tentu Anda harus mengisinya dengan konten-konten yang menarik. Anda harus tau bahwa konten yang baik adalah kunci untuk sukses menghasilkan uang dari YouTube. Nah, Ada berbagai macam jenis konten yang dapat Anda pilih. Namun Anda harus membuat konten yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Ada beberapa jenis konten YouTube yang bisa Anda pilih:

  1. Tutorial

Bisa dikatakan kalau mayoritas pengguna pasti pernah mencari video tutorial di YouTube. Entah itu tutorial teknologi, memasak, make-up, dan lain sebagainya. Maka dari itu, tutorial bisa Anda jadikan ide untuk konten channel Anda.

  1. Review Produk

Dalam membeli sesuatu, pasti ada keraguan di diri Anda mengenai kualitas dan kecocokan produk tersebut. Nah, Anda akan melakukan riset di internet dan mencari ulasan produk tersebut. Maka dari itu, potensi ide konten review produk ini bisa menarik banyak penonton.

  1. Kolaborasi

Tidak hanya didalam berbisnis, tetapi kolaborasi juga lumrah dilakukan di YouTube. Tidak heran karena jenis konten ini bisa menjangkau audiens dari partner Anda yang sebelumnya tidak terpegang. Hasilnya, penonton Anda bisa lebih banyak daripada biasanya.

Baca Juga : Tips Indikator Kepuasan Konsumen serta Cara Menghitungnya

  1. Berbagi Tips dan Pengetahuan

Apakah Anda ahli dalam bidang tertentu? Atau Anda menemukan tips menggunakan suatu produk yang lebih maksimal? Atau Anda ingin berbagi tips mengenai produk Anda sendiri? Jika iya, Anda bisa membuat ide konten untuk berbagi tips dan pengetahuan ke penonton.

  1. Success Story

Didalam kehidupan, ternyata kisah sukses konsumen Anda juga berpotensi dijadikan konten, Nah, success story bisa menginspirasi penonton Anda. Terutama yang sedang berjuang menghadapi masalah yang sama.

Nah, Anda juga bisa menghasilkan uang dari YouTube bermodalkan smartphone saja, ketahui caranya?

  1. Pilih Kategori yang Tepat

Anda harus memilih kategori yang benar-benar bisa dilakukan dari smartphone saja, Tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan Anda.

  1. Edit Video Anda dengan Aplikasi Sederhana

Selesai Anda merekam, kemudian Anda mengedit video sebelum di-upload. Ada beberapa aplikasi edit video di Android. Memang tampilan dan fungsinya lebih sederhana dibanding di komputer, tapi itu sudah lebih dari cukup. Anda bisa menggunakan, Kine Mater, VideoPad, Animoto, atau Magisto. dll

  1. Monetisasi Channel Anda

Agar bisa menghasilkan dari YouTube Anda harus monetisasi channel Anda untuk dipasangi iklan. Terdengar sulit memang dari smartphone, tapi tidak ada yang mustahil, Kuncinya hanya Anda harus rutin upload dan punya jadwal.

Demikianlah cara untuk mendapatkan uang dari youtube. Selamat mencoba

Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here