Ini Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

248

101Red – Tentu kita semua sudah banyak yang mengetahui bahwa pengguna aktif media sosial Facebook hingga saat ini memang terus bertambah, inipun dapat meningkatkan peluang besar untuk mendapatkan uang. Namun, bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook yang paling jitu?

Namun, sebelum kita masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa Facebook adalah situs web yang membantu kamu untuk tetap terhubung dengan banyak orang di seluruh dunia dengan online internet dan juga memperbolehkan daftar serta mengaksesnya secara gratis.

Bahkan selain bisa melakukan komunikasi langsung melalui chat, Facebook ini juga sebagai tempat untuk berbagi gambar, musik, video, artikel, bahkan hingga pemikiran atau pendapat user. Namun, facebook juga bisa sebagai salah satu media sosial untuk mendapatkan uang dari internet. Dan berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari Facebook:

  1. Dapat menjual Barang di Grup atau Marketplace Facebook

Marketplace Facebook seperti berjualan biasa namun dilakukan virtual dan kamu dapat dengan mudah menemukan hampir semua produk atau layanan di seluruh dunia, dan ini diiluncurkan pada tahun 2007.

Orang-orang dapat membuat daftar apa pun yang ingin mereka beli atau jual, kemudian menunggu para pembeli melihat dan membelinya dengan bergabung di Marketplace Facebook ini bisa jadi salah satu cara mendapatkan uang dari Internet. Melalui Marketplace Facebook ini kamu juga bisa melacak penjual atau pembeli dari berbagai channel.

Kemudian, ini bisa mengatur filter wilayah terdekat ketika akan menjual atau membeli produk. Dan mampu  mengurutkan harga berdasarkan dari yang terendah atau tertinggi. Di Facebook, kamu bisa menawarkan dengan menampilkan berbagai produk atau jasa tertentu di grup tersebut.

  1. Maksimalkan Penggunaan Fanpage Untuk Berjualan di Facebook

Bila ingin berjualan melalui Facebook banyak orang yang mengatakan bahwa hal tersebut sulit untuk dilakukan, alasannya karena tidaklah mudah untuk membangun sebuah halaman jualan di Facebook agar mampu muncul di feed miliki orang lain atau followers.

Maka oleh karena itu,  cara mendapatkan uang dari Facebook selanjutnya bisa dengan berjualan di Fanpage. Melalui Fanpage Facebook ini kamu hanya perlu membuat dan membagikan konten secara rutin untuk meningkatkan traffic viewers. Selain itu, dengan adanya Fanpage khusus toko online bisa membangun kredibilitas karena tampak lebih profesional dan terpercaya.

Produk jualan kamu agar dilirik oleh banyak orang juga semakin besar karena melalui Fanpage khusus ini bisa memasang Facebook Ads atau iklan. Setelah berjualan di Fanpage Facebook kamu juga bisa menjual barang buatan sendiri, dropship, atau bahkan menjadi reseller.

  1. Buatlah Grup Jualan Facebook Sesuai Dengan Niche

Grup ini dapat menjadi cara cepat untuk memberitahu atau memperkenalkan produk jualan milikmu. Cara mendapatkan uang dari Facebook juga bisa dengan membuat grup sendiri sesuai dengan niche yang kamu targetkan.

Grup jualan yang sesuai niche ini juga akan mempermudah kamu dalam membuat konten yang bermanfaat kepada anggota, sehingga bisa menyarankan produk tertentu dengan cepat sebagai solusi untuk masalah mereka. Dengan membuat grup Facebook, kamu bisa mendorong anggota yang tergabung untuk saling membantu dan berbagi ide bisnis jualan.

Facebook bisa dijadikan tempat untuk berkumpul secara virtual memberikan materi melalui kelas kursus online, pastinya akan berbayar untuk beberapa orang yang mendaftar.

Baca Juga : Ini Caranya Menghapus Blog Pribadi di IG (Intagram)

  1. Menjadi Seorang Influencer

Influencer memang telah berdampak besar dalam hal pemasaran produk, tak hanya pada peningkatan penjualan tetapi juga mampu membangun followers secara organik. Influencer dapat memposting sponsored content atau secara langsung membagikan tautan afiliasi.  Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini banyak sekali brand bisnis yang membangun identitas mereka di media sosial Facebook dengan menggunakan jasa promosi dari seorang influencer. Dan dengan menjadi seorang influencer ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Facebook.

  1. Iklan atau Facebook Ads

Jadi salah satu cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa kamu coba adalah dengan membuat Ads atau iklan. Ini memang agak sedikit berbeda dengan cara-cara di atas, kamu akan membutuhkan modal untuk bisa menjalankannya. Di karenakan Facebook Ads adalah sebuah iklan yang ditujukan khusus untuk para user atau pengguna. Namun, kamu jangan khawatir soal modal, sebab kamu tidak membutuhkan biaya besar hanya dengan 10 ribu sudah bisa memasang iklan.

Melalui harga iklan 10 ribu tersebut kamu sudah bisa menentukan target iklan secara spesifik, melakukan remarketing, bahkan hingga mengumpulkan banyak leads.

  1. Membuat Facebook Live Video

Melalui live ini kamu bisa menunjukkan seperti apa bekerja dari rumah atau review produk secara real-time.

Kemudian, live ini juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dari Facebook dan membangun merek bisnis maupun pribadi. Melalui tampilan video secara live tentu dapat membangun kepercayaan masyarakat tentang sebuah produk karena dapat melihat dan mengetahui informasi penting secara langsung

Bahkan melalui live ini kamu juga bisa membuka sesi tanya jawab langsung, di mana nantinya para viewers dapat mengirimkan pertanyaan mereka dan dijawab real-time. Dengan adanya kecepatan bandwidth internet yang terus meningkat, membuat live streaming menjadi lebih umum sehingga YouTube bukan satu-satunya platform untuk video.

  1. Menawarkan Jasa Kelola Akun Facebook

Pekerjaan mengelola akun Facebook ini sendiri bisa paruh waktu atau freelance maupun full-time.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengelola akun Facebook adalah dengan menjadi admin. Tak hanya sekadar posting konten secara rutin, namun kamu juga perlu mengelolanya agar perencanaan bisa terlaksana dengan baik. Dimana tugas seorang admin media sosial Facebook bisa bersifat umum, biasanya akan mencakup banyak hal seperti melakukan social media marketing, ads, dan lain sebagainya.

Berkolaborasi Dengan Influencer

Cara mendapatkan uang dari Facebook melalui Fanpage juga bisa dilakukan dengan berkolaborasi bersama influencer. Ketika berkolaborasi dengan influencer, mereka dapat menciptakan konten yang bermanfaat dan otentik, sehingga membantu mengarahkan followers ke halaman penggemar.

Jika cara seperti ini juga didukung dengan iklan Facebook maka mampu memperluas jangkaun pelanggan baru dan berdampak pada peningkatan penjualan. Namun, sebelum terlalu banyak menggunakan Facebook Ads jangan lupa untuk tetap membangun audiens organik, ya.

Pada kenyataannya sebagian besar orang tidak menggunakan platform Facebook  untuk membeli produk apa pun. Mereka hanya menggunakan Facebook untuk mengobrol, mencari informasi, dan menonton video bukan untuk membeli produk bisnis.

Maka karena itu, sangat penting untuk membangun channel penjualan secara organik terlebih dahulu di Facebook. Sehingga bisa menjangkau audiens organik lebih luas, kamu perlu konsisten untuk membagikan berbagai konten yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain produk jualan, kamu juga bisa selipkan beberapa konten lain seperti tautan blog, postingan video, pernyataan penting, infografis, dan apapun yang akan menarik perhatian banyak orang. Pastikan saja bahwa konten-konten selingan tersebut masih berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga orang-orang akan penasaran dan mulai tertarik untuk membelinya. Ini adalah salah satu cara yang juga mampu meningkatkan engagement dengan followers di Facebook.

Setelah berhasil membangun followers secara organik maupun dengan bantuan influencer, kamu harus terus memperhatikan tingkat engagement pada setiap postingan konten. Tujuannya untuk mengetahui, seberapa banyak orang yang tertarik dengan Fanpage jualan milikmu. Apabila pertumbuhan engagement konten milikmu terus meningkat, ada baiknya untuk mulai mempertimbangkan promosi konten melalui Ads atau iklan yang ditargetkan ke lingkup tertentu. Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

 

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here