Ingin Berjualan Online? Jadi Reseller atau Drop Shipper?

547

101red.com – Tidak asing lagi istilah reseller atau drop shipper bagi Anda yang suka berbelanja online. Banyak orang yang menafsirkan bahwa kedua istilah tersebut sama.

Kadang juga ada yang terbalik dalam menyebutkan kedua macam istilah berjualan online tersebut.

Persamaan Reseller dan Drop Shipper

Bagi Anda yang ingin berjualan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, reseller atau drop shipper bisa menjadi solusinya. Ketika Anda berperan sebagai salah satu dari kedua profesi tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa toko atau sejenisnya.

Anda bisa memanfaatkan gadget sebagai toko online. Apalagi sekarang banyak marketplace yang bisa digunakan dengan mudah dengan cara mendaftarkan diri. Anda hanya perlu mengupload gambar-gambar yang sudah Anda dapatkan dari seller pilihan.

Kedua istilah tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Namun keduanya jelas sama-sama menguntungkan. Reseller dan drop shipper dikhususkan bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis online tanpa perlu ribet. Modal yang dikeluarkan pun juga tidak terlalu besar. Bahkan tanpa modal sekalipun.

Persamaan lain dari reseller dan drop shipper yaitu tidak perlu tempat dan hanya memerlukan jaringan internet beserta media sosial. Selain itu, syarat untuk menjadi reseller atau drop shipper pun tidak sulit.

Kenali Lebih Jauh Tentang Reseller

Reseller dapat didefinisikan sebagai orang yang menjual kembali produk dari penjual (supplier) kepada konsumen. Untuk menjadi reseller, Anda perlu mengeluarkan modal sendiri yang digunakan untuk membeli produk langsung dari supplier. Selain itu, Anda juga harus menyetok barang terlebih dahulu sebelum menawarkan produk pada konsumen.

Kelebihan menjadi reseller yaitu dapat menyetok produk terlebih dahulu sebelum menjualnya kembali. Sehingga Anda bisa mengetahui kualitas produk yang dijual secara langsung. Keuntungan yang akan diperoleh juga lebih maksimal dan harga ditentukan sendiri oleh reseller. Pihak penjual biasanya hanya memberikan potongan harga atau diskon untuk reseller untuk menjualnya kembali.

Kekurangan menjadi reseller yaitu Anda harus mengeluarkan modal sendiri dimana modalnya lumayan besar untuk membeli produk dari supplier. Jika barang memiliki kualitas yang kurang maksimal, pihak supplier yang akan bertanggung jawab.

Kenali Lebih Jauh Tentang Drop Shipper

Drop Shipper adalah orang yang menjual produk dari penjual (supplier) tanpa perlu menyetok produk terlebih dahulu. Drop Shipper hanya memperlihatkan gambar atau foto untuk menjualnya kepada konsumen. Jika ada konsumen yang akan membelinya, drop shipper hanya perlu meneruskan pesanan kepada supplier. Produk yang dipesan akan dikirim oleh supplier atas nama Anda.

Kelebihan menjadi drop shipper yaitu Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk. Keuntungan lain yaitu Anda bisa menjual produk tidak hanya dari satu supplier saja. Anda bisa menjual produk dari beberapa supplier pilihan Anda. Tugas dari drop shipper hanya perlu memaksimalkan dalam pemasaran produk terkait saja.

Kekurangan dari bisnis drop shipper yaitu berhubungan langsung dengan komplain dari konsumen. Jika produk yang dijual kualitasnya kurang baik, tentu konsumen akan komplain atau menyalahkan Anda sebagai penjual. Apalagi jika deskripsi gambar yang Anda kirimkan tidak sesuai dengan produk aslinya, tentu konsumen akan semakin kesal dengan Anda.

Baca juga: Cara Branding di Facebook Tepat Sasaran.

Pilihan menjadi reseller atau drop shipper tergantung dengan keinginan Anda. Jika ingin berbisnis cukup mudah dengan supplier, Anda bisa memilih menjadi reseller. Namun jika modal yang Anda punya tidak terlalu besar, Anda bisa memilih menjadi drop shipper saja pada online shop yang Anda geluti.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here