Ikuti 5 Tips Dalam Mengelola Arus Kas Agar Bisnis Anda Well Maintained

25
Ikuti 5 Tips Dalam Mengelola Arus Kas Agar Bisnis Anda Well Maintained
Ikuti 5 Tips Dalam Mengelola Arus Kas Agar Bisnis Anda Well Maintained

Cara sukses jualan online – Berbagai hal dapat menjadi alasan berhasil atau tidaknya bisnis tersebut. Salah satu alasan yang sering menjadi penyebab kegagalan dari sebuah bisnis baru adalah karena tidak mampu mengelola arus kas bisnis dengan baik.

Tips Mengelola Arus Kas yang Tepat

Demi menghindari kegagalan pada hal tersebut terjadi, di bawah ini ada info beberapa tips mengelola arus kas yang dapat Anda terapkan, untuk membuat perkembangan bisnis Anda bisa terus bertahan dalam menghadapi pasang surut perjalanan bisnis.

Buat Catatan Rutin yang Jelas

Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan dalam pencatatan arus kas bisnis. Contohnya menggunakan buku akuntansi yang ditulis secara manual. Atau menggunakan Microsoft Excel yang umumnya dipakai untuk membuat laporan. 

Pencatatan ini merupakan laporan yang merangkum semua aktivitas masuk maupun keluarnya dana untuk operasional bisnis. Dari laporan yang tercatat dengan rapi, Anda dapat melacak performa arus kas dari waktu ke waktu.

Dahulukan Melunasi Hutang

Kesulitan yang sering dialami terkait hal ini adalah dalam hal mengalokasikan dana untuk mengembangkan bisnis sekaligus membayar hutang. Meski tidak mudah, namun harus disadari bahwa ini hal penting yang tidak boleh dilupakan.

Baca juga: Strategi Jitu Memaksimalkan Bisnis Online Makin Digital di Era Teknologi

Melunasi hutang adalah kewajiban yang harus menjadi prioritas, nantinya Anda akan bisa lebih fokus membuat bisnis berkembang. Akan percuma ketika Anda mendahulukan mengembangkan bisnis namun masih ada tanggungan hutang yang belum selesai dilunasi.

Manfaatkan Metode Teknologi Pembayaran Cepat

Agar bisnis Anda dapat bertahan seiring dengan perkembangan zaman, Anda harus dapat menyesuaikan diri dengan pesatnya perkembangan teknologi. 

manfaatkan metode pembayaran melalui internet atau mobile banking, kartu kredit, atau virtual account. Semakin cepat pembayaran dapat dilakukan, semakin pelanggan merasakan kemudahan dalam bertransaksi. 

Mempersiapkan Dana Darurat

Sesuai namanya, dana darurat dapat melindungi bisnis Anda dari masalah darurat yang mendadak terjadi. Dengan adanya dana cadangan, setidaknya Anda bisa lebih fokus dalam mencari solusi daripada memikirkan kerugian dana yang mungkin terjadi dalam pasang surut perjalanan bisnis.

Tingkatkan Modal Usaha

Apabila arus kas bisnis anda sedang macet, padahal ada kebutuhan dana yang harus dikeluarkan, Anda dapat mengajukan pinjaman bisnis yang sudah diperhitungkan dengan matang untuk memperlancar arus kas.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here