Diskon Berlebihan Tidak Baik Untuk Sebuah Bisnis, Ini Alasannya

9
Diskon Berlebihan Tidak Baik Untuk Sebuah Bisnis, Ini Alasannya
Diskon Berlebihan Tidak Baik Untuk Sebuah Bisnis, Ini Alasannya

Peluang Bisnis Modal Kecil – Dalam dunia bisnis, memang dibutuhkan strategi tertentu untuk membuat bisnis bisa berkembang. Salah satu strategi yang paling ampuh adalah dengan memberikan diskon, pada saat-saat tertentu serta dengan alasan tertentu.

Namun, alangkah tidak baiknya jika Anda terlalu berlebihan dalam memberikan diskon. Baik itu terlalu banyak yang didiskon, maupun terlalu besar jumlah diskon yang Anda berikan tanpa perhitungan yang benar. Ada beberapa alasan yang membuktikan bahwa diskon berlebihan tidak dianjurkan, yaitu:

Membuat Perang Harga

Dengan adanya diskon, membuat terjadinya perang harga. Yang bisa berdampak buruk antara Anda dengan pebisnis lainnya, karena produk Anda yang terlalu menarik bagi konsumen membuat pebisnis lain yang sejenis akan tidak dilirik karena bersaing harga yang tidak sehat.

Baca juga: Kunci Penting Menjadi Pebisnis Sukses, Apa Saja?

Terlalu Banyak Penekanan Harga

Jika dengan diskon yang mengalami penekanan harga yang sangat banyak Anda hanya berfokus pada harga, maka bisnis Anda akan diambang kehancuran. Pada dasarnya, bisnis bukan hanya masalah harga tapi juga masalah kualitas produk.

Mengakibatkan Kerugian Besar

Selain perang harga, Anda juga akan mengalami kerugian karena diskon yang terlalu besar. Apa fungsinya bisnis Anda dibangun, jika tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Maka, jangan membuat diskon kalau memang belum terlalu dibutuhkan.

Berdampak Negatif Terhadap Kualitas Barang

Tidak hanya merugikan Anda dalam hal keuntungan, tapi juga akan berpengaruh buruk terhadap produk Anda sendiri. Tidak semua orang yakin dengan diskon yang terlalu besar, justru hanya akan membuat banyak pelanggan bertanya-tanya akan kualitas produk Anda.

Memberikan Kesan Buruk Dari Pelanggan

Ternyata bukan hanya kualitas produk saja yang bisa mendapat pandangan negatif, melainkan Anda dan bisnis Anda juga akan dinilai buruk oleh konsumen. Karena, mereka akan berpikir bisnis Anda memang sangat tidak layak untuk dilirik. 

Mendapatkan Konsumen Sementara yang Merugikan

Dengan cara Anda memberikan diskon habis-habisan, Anda bukan mendapatkan pelanggan baru yang setia tetapi hanya mendapatkan konsumen sementara yang hanya memanfaatkan momen diskon Anda setelah itu mereka tidak akan kembali lagi untuk membeli. Dengan begitu, strategi marketing Anda sangat salah.

Jika Anda ingin berbisnis dengan benar, diharapkan tidak melakukan hal-hal di atas yang sangat merugikan Anda dan perusahaan Anda sendiri. 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here