Digital Marketing 2 : Beriklan di Facebook Secara Gratis

43

 

101Red – Pada artikel sebelumnya, penulis sudah memaparkan beberapa cara mengenai beriklan di facebook secara gratis, di artikel ini kita akan membahas lanjutan daripada artikel sebelumnya.

 

Bagaimana cara melakukan promosi selanjutnya di facebook dengan gratis namun tetap efektif menjangkau konsumen potensial produk kita? Simak penjelasannya berikut :

1. Ikuti Fasilitas Iklan Gratis Pada Fanspage atau  Halaman Yang Sudah Terkenal
Misalkan Penulis memberikan contoh halaman “FESBUK BANTEN News” yang sudah disukai lebih dari 130 ribu orang. Fanspage ini berbasis berita dari pengguna facebook yang kemudian di baca oleh pengguna lain atau lebih tepatnya sebagai penghubung beberapa pengguna facebook untuk saling berbagi informasi seputar Banten.

Sekali pun tidak terhubung pertemanan di facebook, kita tetap bisa melihat info dari pengguna yang lain melalui Fanspage ini. Artinya, pengguna lain juga dapat melihat kiriman yang kita buat walau tidak terhubung pertemanan. Dan tentu ini menjadi sarana promosi yan efektif.

2. Sering Berinteraksi Dengan Para Calon Konsumen Di Facebook
Beberapa akun yang sering muncul di beranda facebook kita biasanya merupakan akun yang sering berinteraksi dengan kita baik memberikan tanda like, reaksi, berkirim pesan  maupun memberikan komentar. Artinya, status yang kita buat akan muncul juga pada beranda akun – akun yang sering berinteraksi dengan kita.

Jika kita ingin status kita sering muncul di beranda akun yang lain, maka kita harus rutin melakukan interaksi dengan akun tersebut. Metode ini tentu bisa dijadikan sarana promosi gratis di facebook untuk menjangkau calon konsumen potensial. Caranya sangat  sederhana, pertama tentukan akun atau teman facebook yang akan dijadikan target promosi kita. Kedua, lakukan interaksi lebih sering dengan akun tersebut baik dengan memberi tanda like, reaksi atau komentar. Jika takut merasa terganggu, hal yang wajib dilakukan adalah selalu memberi tanda like.

3. Ciptakan Blog Promosi Dan Share Link-nya Melalui Facebook
Ketika calon konsumen penasaran dengan produk yang kita jual, mereka akan memiliki banyak pertanyaan terhadap produk tersebut agar mereka lebih yakin untuk membelinya. Maka tugas kita adalah menjawab semua pertanyaan mereka secara detail terkait produk yang akan mereka beli. Tapi jika terlalu banyak pertanyaan, maka mungkin kita akan kesulitan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut. Akan lebih efisien jika kita menjawab pertanyaan yang sering muncul dan menuliskannya pada sebuah website atau blog gratisan.

Blog yang kita buat juga berisi review tentang produk atau berbagai keterangan yang diperlukan agar calon konsumen tertarik dengan produk yang kita promosikan. Dan menjadi lebih efektif jika calon konsumen tersebut kita ajak dari sosial media seperti facebook untuk mengunjungi blog yang sudah kita buat. Caranya cukup dengan menyebarkan link aktif blog dari produk atau ajakan yang kita buat.

Demikian beberapa cara sederhana untuk bisa melakukan promosi atau iklan gratis di facebook.

Sebagai tambahan, perlu diperhatikan beberapa kisi – kisi berikut ini :

1. Saat membuat status atau kiriman hendaknya dengan kalimat yang membuat orang tertarik atau penasaran. Akan lebih baik pula di sertai gambar atau meme yang mendukung.

2. Update status atau kiriman dilakukan pada saat jam dimana banyak orang menggunakan sosial media yaitu pada jam istirahat antara pukul 11.00 s.d 13.00 atau sore hari pada pukul 17.00 s.d 18.00 dan malam hari diantara pukul 19.00 s.d 21.00.

3. Jika tidak terlalu banyak memiliki waktu membuat kiriman di fanspage atau halaman, ada baiknya pada waktu malam hari membuat kiriman yang banyak namun penerbitannya dilakukan dengan jadwal terutama pada jam – jam ramai tersebut.

Semoga kita sukses melakukan promosi dengan gratis di facebook. Selamat mencoba.

 

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here