Digital Marketing 1 : Beriklan di Facebook Secara Gratis

200

 

101Red – Dari dulu sampai hari ini, beranda facebook dipenuh dengan berbagai status dari teman yang berisi dengan promo beberapa produk mulai dari produk berbasis multi level marketing (MLM) atau produk jualan lainnya. Tentu tidak ada salahnya kita beriklan di facebook karena terkadang banyak orang melakukannya juga. Namun tentu dengan tetap memperhatikan etika agar pengguna facebook lain tidak merasa terganggu.

Tujuan kita beriklan ialah agar orang lain tahu dan tertarik akan produk yang kita jual atau mau ikut serta dengan apa yang kita inginkan. Akan tetapi tidak jarang tujuan itu tidak tercapai hanya dengan menyebar sejumlah status promosi atau ajakan di facebook. Yang ada malah terkesan seperti spam.

Tidak efektifnya iklan yang kita buat di facebook mungkin salah satu factor utamanya adalah karena kita tidak paham tentang strategi promosi. Karena jika promosi dilakukan dengan cara yang tepat, waktu yang tepat, serta target yang jelas, iklan yang kita buat akan lebih efektif dibanding asal membuat promosi.

Agar promosi di facebook lebih efektif, mulai lah dengan membuat iklan yang tepat semisal dari pemilihan kata, pilihlah calon konsumen potensial yang akan menjadi target promosi, dan jangkaulah mereka agar tertarik membeli atau mengikuti produk yang kita tawarkan melalui iklan di facebook yang kita buat.

Salah satu pilihan beriklan secara efektif di facebook yaitu dengan memanfaatkan Facebook Ads.  Tentu sebagai pengguna facebook, kita pernah melihat fasilitas ini di beranda kita. Biasanya iklan dari facebook ads akan bertuliskan “Bersponsor” , tentu hal itu sangat mudah. Langkahnya yaitu dengan membuat fanspage atau halaman facebook, kemudian buat kiriman / status pada halaman tersebut sesuai produk yang ingin kita promosikan dan selanjutnya kita promosikan halaman atau postingan kita tersebut sehingga menjangkau orang – orang yang lebih potensial dengan cakupan yang lebih luas atau spesifik sesuai minat. Semua bisa diatur sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Berikut Penulis akan coba paparkan bagaimana cara melakukan promosi lain di facebook dengan gratis namun tetap efektif menjangkau konsumen potensial produk kita.

1. Tandai (Tag) Teman Facebook
Saat kita akan membuat postingan atau status tentang produk yang kita jual, akan lebih efisien jika kita menandai teman yang memiliki lebih banyak pengikut. Tujuannya adalah agar menjangkau lebih banyak calon konsumen karena status promosi kita dilihat atau dibaca lebih banyak orang. Semakin banyak kita memberi tanda, peluang dilihat banyak orang semakin besar. Namun metode ini sedikit beresiko karena orang yang kita tandai bisa saja merasa tidak nyaman. Maka akan lebih baik meminta ijin terlebih dahulu dan tidak terlalu sering memberi tanda pada orang yang sama.

2. Bagikan Kiriman Di Grup Facebook
Menurut banyak marketer facebook  ini adalah cara promosi gratis yang lebih efektif dilakukan di facebook karena peluang produk kita dilihat banyak orang lebih terbuka lebar. Agar lebih efektif, jangan membuat status atau kiriman secara langsung ke group, tapi dengan cara membagikan kiriman yang sudah kita buat di fanspage milik kita.

 

 

 

Untuk bisa membagikan kiriman di beberapa group potensial, langkah pertama kita harus bergabung terlebih dahulu dengan group tersebut. Pilihlah group sesuai dengan produk yang sedang kita promosikan. Sebagai misal, penulis mempromosikan situs blog bidang pendidikan dan pengetahuaan umum agar memiliki banyak pengunjung, maka penulis harus mengikuti beberapa group bertema pendidikan dan group potensial lainnya. Jika kita sudah terdaftar pada group tersebut, bagikan kiriman yang sudah kita buat di fanspage pada group – group tersebut.
Saat kita membagikan kiriman di group potensial, saran saya jangan terlalu sering karena bisa dianggap spam dan bisa – bisa dikeluarkan dari group tersebut. Akan lebih baik jika kita membagikan kiriman dengan bergantian dari satu group ke group yang lain dengan waktu ter schedule.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here