Cara Menulis Artikel yang Menerapkan SEO – Bagian 2

49

101Red – Sebelumnya kita telah membahas cara menulis artikel yang menerapkan SEO di bagian 1. Di artikel ini akan dibahas lanjutan cara menulis artikel yang menerapkan SEO. Untuk itu langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Perbanyak Memakai Kata Sambung

Kata sambung adalah kata yang menghubungkan antar kalimat atau paragraf. Kata sambung digunakan untuk membantu pembaca memahami hubungan antar ide di dalam artikel.

Artikel yang mudah dipahami pembaca akan meningkan rating artikel di mesin pencarian Google.

Baca Juga: Aplikasi TikTok dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Pemasaran Digital di Era Pandemi Covid-19

Sisipkan Internal Link dan External Link

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama.

Sebuah artikel SEO perlu menggunakan internal link karena bermanfaat untuk membantu Google mengindeks website Anda dan memahami konteks artikel yang dibuat. Akhirnya, SEO Anda juga akan lebih baik.

Bagi pembaca, internal link membantu mengarahkan bila ingin membaca lebih jauh topik yang Anda bahas. Hal ini tidak hanya membuat pengunjung akan lebih lama berada di website, tapi juga menunjukkan keahlian Anda membahas topik tersebut secara mendalam.

Sedangkan external link adalah link yang merujuk ke halaman website lain. External link bisa Anda sisipkan sebagai sumber untuk memperkuat penjelasan dan meyakinkan pembaca. Misalnya, link ke hasil penelitian, statistik, kutipan, atau referensi dari media lain.

 

Tambahkan Konten Visual

Konten visual dengan kombinasi warna yang tepat terbukti meningkatkan minat pembaca hingga 80%. Misalnya, warna yang tidak bertabrakan atau warna sesuai desain website Anda.

Sekitar 91% netizen lebih suka dengan konten visual dibanding tulisan. Sehingga, mereka akan lebih tertarik membaca artikel Anda bila ada konten visual sebagai pendukung penjelasan.

 

Optimasi Gambar

Menulis artikel SEO dengan tambahan konten visual memang penting. Namun, Anda perlu melakukan langkah optimasi. Tujuannya, agar hemat sumber daya penyimpanan, website jadi lebih cepat, dan kenyamanan pengunjung lebih terjaga.

 

Gunakan Heading

Penggunaan heading sangat penting ketika menulis artikel SEO. Alasannya, pembaca akan lebih mudah menemukan garis besar atau pokok bahasan artikel Anda. Terutama, bagi mereka yang cenderung melakukan scanning informasi di artikel.

 

Usahakan Panjang Artikel Optimal

Yoast, pembuat salah satu plugin SEO terbaik, menyarankan panjang artikel minimal 300 kata agar Google bisa memahami topik Anda. Pun demikian, setidaknya buatlah artikel dengan rata-rata 1000 – 2500 kata.

 

Perhatikan Komponen Teknis Blog

Membuat artikel SEO friendly tak hanya mengharuskan Anda memperhatikan kalimat dan paragraf, tapi juga komponen teknis blog. Tujuannya agar artikel Anda terlihat menarik dan bisa bersaing di hasil pencarian Google.

 

Manfaatkan Plugin SEO

Plugin SEO akan secara otomatis memberikan saran agar aspek SEO di artikel Anda optimal. Sangat berguna, bukan? Oleh sebab itu pastikan Anda menggunakan salah satu plugin untuk memudahkan dalam menulis artikel SEO yang baik.

 

Pastikan Tidak Ada Kesalahan Penulisan

Pastikan tidak ada kesalahan penulisan dalam artikel. Misalnya, typo, penggunaan tanda baca yang tidak tepat, dan tata bahasa yang keliru. Pasalnya, kesalahan penulisan bisa merusak pengalaman pembaca dan menurunkan kualitas artikel.

 

Konsisten Menerbitkan Artikel

Dengan konsisten menerbitkan artikel, Anda bisa memberi manfaat lebih ke pembaca berupa informasi yang aktual.

Alasan berikutnya, agar Google menilai bahwa konsistensi blog Anda aktif. Dengan begitu, Google tak akan ragu untuk merekomendasikan konten Anda di halaman pencarian.

 

Promosikan Artikel

Mempromosikan artikel bertujuan untuk mendapatkan pembaca dengan cepat dan menjaring trafik yang relevan. Agar Google dapat menilai bahwa artikel Anda memang dibaca dan dibutuhkan.

Yuk, mulai bisnis online kami bersama kami di 101Red.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here