6 Cara Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

551

Peluang Bisnis Jualan Online Ketika bulan Ramadhan telah tiba, masyarakat menjadi lebih konsumtif dengan banyaknya kebutuhan menjelang hari raya. Kebutuhan tersebut meliputi pakaian maupun makanan. Hal tersebut didukung dengan adanya tunjangan hari raya yang siap untuk dihabiskan. Perilaku tersebut menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan bagi pebisnis dalam meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan ini.

1. Meluncurkan Produk Spesial Ramadhan

Salah satu juru ampuh untuk meningkatkan penjualan di bulan yang penuh berkah yaitu meluncurkan produk spesial Ramadhan. Produk-produk baru biasanya mampu menarik hati para konsumen dan buatlah konten yang menarik sehingga jangkauan konsumen akan semakin banyak.

Cara mudah dalam memperkenalkan produk baru tersebut dengan spam like maupun spam komen pada media sosial. Cara tersebut dianggap menjadi cara ampuh dalam meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk Anda. Misalnya memberikan tiga achiever atau pemenang dimana akan dibuatkan sesuai dengan karakter wajah mereka.

2. Promo Spesial Ramadhan

Cara promo yang tepat untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan yaitu dengan meluncurkan promo spesial Ramadhan. Promo tersebut memang hal yang bisa dilakukan kapan saja, tetapi gunakan strategi menarik yang membuat para konsumen meliriknya.

Anda bisa menggunakan potongan harga dalam bentuk kupon spesial Ramadhan, buy 1 get 1 free, atau yang lainnya. Ketika Anda membuat promo tersebut, jangan lupa menentukan jangka waktu yang sesuai dimana waktu tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama. Anda bisa menyiasati dengan promo yang diganti pada setiap minggu di bulan Ramadhan ini.

3. Gunakan Lebih dari Satu Channel Pemasaran

Cara meningkatkan penjualan selanjutnya yaitu memasarkan produk tidak hanya pada satu channel atau media sosial saja. Maksimalkan dalam menggunakan seluruh media sosial seperti instagram, facebook, whatsapp, youtube, twitter dan sebagainya. Jika anda sudah handal dan produk anda sudah cukup dikenal, Anda juga bisa memanfaatkan blog untuk menjangkau lebih banyak orang.

4. Paket Bundling Ramadhan

Paket Bundling Ramadhan menjadi salah satu cara ampuh menarik perhatian para konsumen. Anda dapat membuat paket bundling yaitu dengan menggabungkan dua atau lebih produk dalam satu kemasan. Satu kemasan tersebut tentu ditawarkan dengan harga yang menarik tanpa membuat Anda rugi. Pastikan atau tegaskan bahwa paket tersebut hanya berlaku pada bulan Ramadhan ini saja.

5. Jam Layanan ditambah

Ketika bulan Ramadhan telah tiba tentu pesanan akan semakin banyak. Sehingga alangkah baiknya jika pihak seller atau penjual menambah jam kerjanya. Hal tersebut mampu meningkatkan omset penjualan karena para konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Hal tersebut telah dipraktekkan oleh beberapa gerai supermarket yang ada di Indonesia. Misalnya ketika bulan biasa toko tutup pada jam 21.00 WIB saja. Kemudian ketika Ramadhan tiba, seller akan memberikan tambahan jam seperti tutup sampai jam 23.00 WIB.

6. Pilih waktu-waktu tepat ketika promosi

Ketika Anda ingin meningkatkan produk, memilih waktu yang tepat untuk mempromosikannya. Waktu yang tepat ketika bulan Ramadhan yaitu saat sahur, istirahat siang, dan menjelang waktu maghrib. Pada waktu tersebut, banyak muslim yang menggunakan akses internetnya. Sehingga jadi pilihan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk Anda.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda sebagai seller ketika Anda ingin meningkatkan penjualan pada produk tersebut. Agar hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal, Anda seharusnya tidak melakukan segala sesuatu dengan setengah-setengah.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here