Cara Membuka Usaha Bengkel Motor Di Rumah Agar Laris Manis

36

101Red – Angka penjualan sepeda motor di Indonesia,kurun waktu 5 tahun ini sangat mengalami peningkatan, membuka usaha bengkel sepeda  motor adalah solusi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Tapi bukan bisnis buka usaha bengkel saja yang menguntungkan akan tetapi buka usaha lain yang berhubungan dengan motor juga sangat menguntungkan. Misalnya penjualan aksesoris motor, suku cadang, hingga jasa pencucian sepeda motor.

Untuk membuka usaha bengkel ini, sebagai pemula tidak usah repot repot, cukup dirumah saja. Saat menjalankan usaha bengkel sepada motor bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha, tujuanya adalah tetap menghasilkan uang dari rumah. Berikut tata cara membuka bengkel dirumah diantaranya :

  1. Siapkan Modal dan Keahlian (skill).

Modal untuk membuka usaha bengkel sepeda motor selain uang,modal yang paling  utama adalah memiliki keahlian, kemampuan dan pengetahuan dibidang otomotf. Modal yang  utama untuk membuka usaha bengkel motor tentu saja dengan memiliki kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan dalam bidang otomotif. Khususnya dalam hal yang berkaitan dengan service berat dan service ringan.  Serta dapat menganalisa biaya kerusakan ringan dan biaya kerusakan berat. Jika merasa kemampuan masih kurang, bisa mempelajari melalui kursus atau training dilembaga tertentu. .

  1. Memanfaatkan Modal Sebaik Mungkin

Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan modalyang ada sebaik mungkin, maksudnya merasa kurang modal atau modal yang di rasa kurang cukup, ada baiknya untuk massalah tempat dapat memanfaatkan lahan di depan rumah atau garasi mobil. Daripada membeli ruko atau menyewa tempat, dengan demikian kita tidak perlu mengelurkan uang extra.

Dengan begitu otomatis Anda sudah meminimalkan modal Anda yang terbatas tersebut. Selain tempat, dalam menentukan modal ini, Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis layanan yang akan Anda berikan, apakah hanya service ringan atau sampai dengan service besar. Untuk itu Anda perlu melihat kepada target pasar Anda, apakah sekitar lokasi rumah Anda sudah banyak memberikan layanan service tersebut. Pemilihan ini sangat penting dilakukan untuk memutuskan jenis spare part dan jumlah persediaan yang dibutuhkan. Misalkan untuk service ringan, Anda perlu mengetahui jenis oli atau spare part yang paling banyak dipakai

  1. Pilihlah Distributor yang Terpercaya

Pilih distributor bengkel motor yang terpercaya. Karena bisnis Anda adalah bengkel motor, maka Anda harus menjalin kerja sama dengan para distributor atau produsen spare part atau suku cadang sepeda motor yang sudah dikenal oleh banyak konsumen. Cara membuka usaha bengkel motor yang satu ini sangat erat kaitannya dengan kualitas Anda nanti. Jangan pilih distributor yang abal-abal, mungkin memang murah, tapi jika bengkel menjadi sepi, maka Anda juga akan merugi. Utamakan kualitas bisnis Anda dan kepuasan para konsumen.

BACA JUGA: Tips mengembangkan Bisnis Online Untuk Pemula

  1. Promosikan usaha Anda kepada orang sekitar

Karena Anda memutuskan untuk membuka bengkel di rumah Anda. Bukan berarti Anda tidak perlu melakukan promosi. Ada beberapa cara promosi yang bisa Anda lakukan, seperti memasang spanduk, memberikan diskon khusus kepada tetangga sekitar rumah Anda dan sosial media. Jangan ragu untuk memperkenalkan usaha Anda, karena semakin banyak orang tahu bahwa Anda membuka usaha maka akan banyak pula calon pelanggan Anda dan akan semakin banyak pula pelanggan Anda.

  1. Merekrut Karyawan

Untuk cara membuka usaha bengkel motor yang satu ini, seperti tadi sudah disinggung sedikit. Bahwa Anda dapat merekrut karyawan yang juga memiliki keterampilan dalam hal otomotif. Tapi sebaiknya cara ini Anda lakukan jika dirasa usaha Anda sudah lumayan besar dan banyak pelanggannya. Karena jika sudah banyak pelanggan, tentu Anda akan kewalahan jika mengerjakannya sendirian. Tidak perlu banyak-banyak karyawan, cukup satu atau dua karyawan yang benar-benar ahli dalam bidangnya. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan penghasilan Anda.

Itulah beberapa cara membuka usaha bengkel motor di rumah. Setiap usaha pasti ada masanya sendiri-sendiri. Kadang laris, kadang pula biasa saja, sehingga yang penting teruslah berusaha dan jangan menyerah.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here