Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Online (Bagian 2)

41

101Red – Sebelumnya kita telah membahas sebagian cara cepat meningkatkan penjualan online. Kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai cara cepat meningkatkan penjualan online. Bagi Anda yang berjualan secara online, bisa mengikuti beberapa cara berikut.

Aktif di Komunitas Online

Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon konsumen Anda. Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis traveling, Anda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang traveling dan liburan.

Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri Anda. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.

Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan bisa menjadi senjata Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Kumpulan testimoni pelanggan bisa mempengaruhi calon konsumen yang sebelumnya ragu dengan produk Anda menjadi yakin untuk mencoba. Anda bisa meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, atau bahkan halaman utama website Anda.

Sediakan Berbagai Macam Metode Pembayaran

Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu bank tertentu. Ada yang menggunakan BCA, BNI, Bank Permata, Bank Danamon, BRI, atau Bank Mandiri. Ada juga yang lebih suka membayar melalui kartu kredit atau mobile payment tertentu seperti Go-Pay, OVO, dan T-Cash.

Tawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Menambah metode pembayaran turut membantu meningkatkan penjualan online bisnis karena pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar. Salah satu contohnya adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay untuk mempermudah klien untuk membayar tagihan hosting, domain, atau VPS.

Buat Iklan yang Jujur

Kejujuran dalam membuat iklan adalah hal krusial untuk reputasi bisnis Anda. Anda memang harus membuat iklan yang unik, kreatif, dan menarik. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyisipkan klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Iklan yang tidak jujur hanya akan memperburuk kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen.

Optimasi Mobile

Optimasi website untuk perangkat mobile merupakan hal wajib untuk semua bisnis. Hal ini disebabkan oleh perilaku pengguna internet Indonesia yang mayoritas menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet.

Berdasarkan riset Google, sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih cepat diakses. Sebagai pemilik website Anda harus menjawab tantangan ini dengan mengoptimasi kecepatan loading website di perangkat mobile.

Selain penting untuk kenyamanan pengguna perangkat mobile, website yang dioptimasi untuk perangkat mobile juga lebih disukai oleh Google. Sejak 2017, Google telah resmi menerapkan mobile-first indexing yang artinya performa website Anda di perangkat mobile menjadi salah satu faktor terpenting dalam penilaian Google. Lebih bagus performa website di perangkat mobile, kemungkinan lebih tinggi pula peringkat yang bisa diperoleh di hasil pencarian Google.

Manfaatkan PPC

PPC adalah kependekan dari Pay Per Click, salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem periklanan seperti ini cocok diterapkan di berbagai jenis bisnis, baik bisnis skala kecil, menengah, atau perusahaan besar sekalipun. Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.

PPC memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak audiens yang ditargetkan untuk suatu iklan. Anda bebas mengatur jumlah audiens iklan Anda, bisa 10 ribu audiens, 20 ribu audiens, atau bahkan 50 ribu audiens. Tentu lebih banyak audiens yang ditargetkan, lebih banyak juga uang yang Anda keluarkan.

Selain itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audiens yang Anda targetkan. Misalnya, bisnis Anda adalah pakaian bayi, Anda bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, yaitu ibu. PPC juga memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens berdasarkan lokasi sehingga Anda bisa fokus pada lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis Anda.

Terapkan Strategi FOMO

FOMO adalah singkatan dari fear of missing out yang arti harfiahnya “takut ketinggalan”. Fear of missing out adalah istilah psikologis yang menggambarkan perilaku manusia yang gelisah jika ketinggalan tren atau hal-hal yang menyenangkan.

Dalam bisnis, Anda bisa memanfaatkan perilaku tersebut untuk meningkatkan penjualan online. Pada dasarnya Anda perlu membangun kegelisahan calon konsumen Anda dengan meyakinkan mereka bahwa promosi yang Anda tawarkan adalah langka dan jarang terjadi.

Tingkatkan Kecepatan Website

Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.

Selain itu, pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here