Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Online (Bagian 1)

37

101Red – Penjualan yang meningkat merupakan tujuan utama para pelaku bisnis, Meningkatkan penjualan online juga termasuk tugas utama para pebisnis online. Cara meningkatkan penjualan online berbeda dengan penjualan tradisional. Jika penjualan tradisional harus memasarkan bisnisnya dengan cara tradisional, maka begitu juga dengan penjualan online yang harus memasarkan bisnisnya secara online juga. Nah,apa saja bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online Anda?

Pilih Nama Domain yang Tepat

Identitas Anda di dunia maya sangatlah penting. Dengan domain yang tepat, Anda bisa membangun identitas bisnis yang terpercaya di internet. Selain itu, domain juga memudahkan konsumen untuk mengenali bisnis Anda.

Domain tidak harus selalu .COM. Ada banyak pilihan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan untuk bisnis. Misalnya, Anda ingin membangun website toko online. Anda bisa menggunakan ekstensi domain .STORE.

Selain .STORE, masih ada berbagai ekstensi domain yang kualitasnya sama baiknya dengan .COM. Beberapa di antaranya adalah .SPACE, .ONLINE, .SITE, dan .WEBSITE.

Jadi ada banyak pilihan ekstensi domain untuk membuat nama domain yang tepat untuk bisnis Anda. Jika masih kebingungan, tak perlu khawatir. Kami sudah menyiapkan panduan menentukan domain terbaik untuk bisnis Anda di sini.

Pilih Platform yang Tepat untuk Website

Membuat website adalah pondasi utama supaya jualan online Anda semakin sukses dan berkembang. Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di dunia maya website adalah toko Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih platform untuk website. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan tentu saja pelanggan Anda.

Platform pembuatan website rekomendasi kami adalah WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk website Anda. Website yang Anda buat menggunakan WordPress membutuhkan hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, dari gambar, HTML, hingga konten.

Meski fungsinya “hanya” untuk menyimpan file, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih layanan hosting. Sebab, hosting abal-abal justru membuat website Anda lambat diakses atau malah tak bisa diakses sama sekali. Sebagai penjual hal macam ini sangat merugikan, bukan?

Maka dari itu, Anda perlu memilih hosting terbaik. Hosting yang membuat website bisnis Anda selalu online 24 jam, cepat diakses, dan juga aman.

Gunakan Tema Profesional

Setelah membuat website menggunakan WordPress dan menyewa layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih tema profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa inspirasi tema WordPress di artikel template WordPress gratis.

Dapatkan Pelanggan dari Trafik Organik

Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah kumpulan panduan dan teknik untuk membuat website Anda search engine friendly.

Kami sudah membahas langkah-langkah apa saja untuk mengoptimasi SEO WordPress Anda di artikel SEO WordPress untuk Website Anda dalam 16 Tips Mudah. Anda dapat mengikuti panduan tersebut dan menerapkannya di website Anda. Namun, harus dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.

Susun Strategi Content Marketing

Content marketing adalah strategi membuat konten yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan strategi content marketing memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.

Selain itu, konten yang bermanfaat dapat membantu Anda menarik perhatian konsumen. Bahkan membuat mereka loyal pada bisnis Anda. Ini merupakan prinsip dari inbound marketing.

Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi content marketing adalah dengan menambahkan blog ke website Anda. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.

Di blog tersebut Anda bisa menerbitkan konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Anda juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para pengunjung blog membeli produk yang Anda jual di website. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai strategi content marketing di artikel Strategi Content Marketing.

Buat Keputusan Berdasarkan Google Analytics

Kebanyakan para pebisnis pemula hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa membuat bisnis Anda tidak terarah.

Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantu Anda menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di website Anda. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah pengunjung yang meninggalkan website.

Anda bisa memasang Google Analytics di WordPress dengan mengikuti panduan di artikel Panduan Memasang Google Analytics.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.

Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here