Berbagai Kesalahan Digital Marketing yang Harus Anda Hindarkan : Part 1

106

101Red – Dengan bertambahnya tren bisnis online di tanah air dan juga dunia global membuat kita semua mau tidak mau harus bisa adaptif dan mengikuti perkembangan zaman, guys. Merambahnya bisnis ke online dan juga interaksi di dunia digital dengan para konsumen membuat semua pebisnis dituntut untuk melakukan bisnis secara online. Maka dari itu penting banget untuk mempelajari digital marketing.

Digital marketing pun tidak cukup nih kalau hanya mengandalkan website dan sosial media untuk bisnis di dunia online tanpa mengoptimalkannya secara lanjut. Hal ini tidak bakalan mendongkrak sales dan brand awareness nantinya.

 

Kalau berpikir bahwa digital marketing itu susah, jawabannya tidak kok. Sama aja kayak bisnis konvensional. Website dan sosial media ini cuma etalase saja untuk menata produk-produk anda. Soal urusan penjualan dan suksesnya bisnis balik lagi bagaimana cara anda memasarkan produk anda, nih. Terutama sekarang, marketing atau pemasaran sudah dilakukan secara online. Mungkin buat yang baru di dunia pemasaran online atau biasa lebih kita kenal dengan digital marketing akan bingung apa aja sih yang harus dilakukan dan juga apa yang sebaiknya jangan dilakukan.

Makanya, mengetahui beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pemasar di dunia digital, Exabytes sudah meringkas nih apa aja kira-kira kesalahan yang harus anda hindari dalam digital marketing. Sebelum scroll lebih lanjut.

Tidak Memahami Target Pemirsa

Kesalahan yang paling sering terjadi dan sangat fatal adalah tidak memahami target audience bisnis sendiri. Perlu diingat ya, produk yang anda jual tidak selalu bisa diterima dalam berbagai kalangan. Banyak perusahaan yang selalu  mencoba menargetkan audiens yang terlalu luas. Mereka ingin menjangkau lebih banyak orang, jadi mereka mencoba menargetkan siapa saja dan semua orang, tetapi akhirnya putus asa ketika banyak orang tidak membeli produk atau menggunakan layanan mereka karena memang tidak cocok dengan buying behavior mereka.

Mempelajari target pasar ini adalah salah satu strategi terpenting bagi anda untuk menghasilkan banyak keuntungan yang tidak cuma penjualan aja! Pastikan bisnismu ataupun tim research and development anda benar-benar paham dalam meneliti target audiens bisnis ya! Seperti demografinya, umurnya, preferensinya. Untuk memahami target audiens, anda bisa mempelajari juga perilaku konsumen (consumer behavior) agar lebih memahami audiens yang ingin dituju.

Kalau anda tidak mengenal target audiens anda dengan jelas dan menargetkan kepada orang secara luas, maka dipastikan kampanye pemasaran yang nantinya digunakan tidak berhasil dengan sempurna dan bahkan gagal sampai membuat bisnis rugi lho. Makanya, pikir ulang apa saja faktor-faktor untuk membidik sasaran dengan tepat.

 

 

Tidak Menggunakan Sosial Media Optimal

Nah, masih berhubungan sama poin pertama diatas, kalau anda udah menemukan target audiens anda maka fokuslah kepada mereka. Hal ini berupaya untuk menghindari membuang waktu. Kebanyakan pebisnis baru yang menggunakan sosial media tidak cukup kompeten dan kurang aktif dalam mengoptimalkan menggunakan sosial media. Hanya memposting konten dan produk tidak bakalan cukup membuat bisnis anda sukses di sosial media. Padahal sosial media menjadi platform efektif untuk memasarkan secara online lho.

Misalnya, jika target audiensmu berusia remaja, anda bisa menggunakan TikTok sebagai strategi marketing. Jika targetmu adalah dewasa, anda bisa menggunakan Facebook atau Instagram,

Tidak Mempunyai Website/Tidak Mempromosikan Website

Nah, salah satu kesalahan yang sering terjadi juga adalah kurangnya effort untuk mempromosikan website. Atau malah belum punya website? It’s a big no!

Orang tidak bakalan tahu tentang bisnismu atau produk yang anda tawarkan bila belum punya website. Dan kalau anda tidak promosiin, orang pun enggan datang ke web karena bisa aja mereka mikir anda tidak punya website. Sayang banget kalau begitu.

Coba bayangin kalau anda tidak mempromosikan web anda, tidak mungkin ada traffic ke website anda dan tidak bakalan ada prospek penjualan.

Banyak cara untuk mempromosikan website anda yakni salah satunya bisa menggunakan sosial media atau Google Adsense.

Tidak Merencanakan Tujuan Marketing  

Ini adalah salah satu dari beribu alasan kenapa digital marketing anda tidak berhasil. Padahal udah berusaha memasarkan secara efektif dan besar-besaran tapi kok rasanya tidak mencapai apapun ya? Itu karena anda tidak jelas merencanakan long term dan short term goals yang realistis nih, teman-teman Exabytes!

Anda tidak akan merasa achieve something karena anda tidak punya tujuan dari brand anda sendiri. Sasaran yang sifatnya tidak realistis juga tidak berguna karena anda tidak bakalan mencapainya. Jadi, tidak peduli cara dan strategi pemasaran apa yang anda sudah gunakan dan akan anda gunakan kalau anda aja tidak jelas goalsnya apa.

Ada beberapa contoh tujuan digital marketing contohnya seperti meningkatkan penjualan dan pendapatan, meningkatkan lalu lintas (traffic) web, meningkatkan brand awareness bisnismu secara online dan masih banyak lagi Anda bisa gunakan contoh ini sebagai tujuan dari bisnis anda.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here