Bagaimana Algoritma Youtube di Tahun 2021?

27

101Red – Algoritma Youtube 2021 adalah dengan melacak aktivitas pengguna terhahap video yang ditonton, hingga waktu yang mereka habiskan untuk video tertentu, terkait mereka suka, tidak suka, atau berlangganan.

Apa Itu Algoritma Youtube
Algoritma YouTube adalah sistem penyajian video yang paling relevan dan dipersonalisasi untuk penggunanya di lima bagian platform yang berbeda, yaitu : penelusuran, beranda, langganan, video yang disarankan, dan tren.

Belajar Algoritma Youtube
Sebelum beranjak lebih jauh mengenai algoritma Youtube, hal yang pertama kali perlu Anda perhatikan adalah definisi Algoritma Youtube.

Fungsi Penyaranan
Fungsi penyaranan yang diberikan oleh Youtube terdiri dari beberapa segmen yaitu rekomendasi atau recommended, Youtube Mixes, Viewers Also Watch, Tab, Recently Uploaded, Trending, Subcriptions, dan ‘Up Next’ Videos.
Semua penyaranan tersebut berdasarkan dua faktor utama yaitu faktor Engagement dan faktor Metadata.

  • Faktor Engagement

Faktor Engagement akan menilai seberapa besar dampak video tersebut kepada penonton dengan mempertimbangkan banyak like, komen, dan share terhadap video tersebut.

  • Faktor Metadata
    Faktor Metadata merujuk pada informasi yang dicantumkan pada konten video seperti judul, kata kunci, hingga deskripsi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

 

Cara Mengetahui Algoritma Youtube

Berikut beberapa poin dalam algoritma youtube:

Niche Konten Youtube
Hal pertama yang harus Anda perhatikan agar konten video Anda ditampilkan pada halaman utama adalah niche konten.

Keyword
Setelah Anda mengetahui niche yang Anda sasar, langkah selanjutnya untuk memastikan bahwa algoritma Youtube terbaru bekerja pada konten Anda adalah membuat kata kunci atau keyword.
Video CTR
Salah satu poin yang diperhatikan ketika berbicara algoritma Youtube terbaru adalah CTR atau Click Through Rate.Secara sederhana, CTR bertujuan untuk mengetahui berapa banyak penonton yang mengklik sebuah tayangan video setelah muncul di beranda.

Bounce Rate
Seperti pembahasan sebelumya, nilai CTR yang tinggi harus disesuaikan dengan nilai Bounce Rate. Bounce Rate adalah keadaan penonton yang ingin beralih video dari konten yang pada saat itu sedang di tonton.

Apa itu Algoritma Youtube Evergreen
Berbicara mengenai platform media sosial Youtube, tentu saja tidak terlepas dari tren video-video yang muncul ketika membuka situs Youtube. Jika Anda berencana untuk membuat konten Anda menjadi salah satu rekomendasi Youtube kepada para penonton, maka Anda harus mempelajari algoritma Youtube Evergreen. Algoritma ini tersusun dari beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan. Bagaimana langkah pembuatannya?

Membuat Topik Trending
Ketika berbicara mengenai konten, terutama dalam bentuk visualisasi video, Anda terlebih dahulu harus melakukan riset terhadap bahan video Anda.

Konten yang bersifat ‘Evergreen’
Dalam dunia para content creator, terdapat istilah untuk konten yang memiliki durasi atau peminat yang tidak terbatas oleh waktu.
Ciri-cir Konten Evergreen
Konten yang Mudah Muncul di Mesin Pencari
Konten yang dihasilkan para pembuat konten pada umumnya akan memiliki kemiripan baik segi isi maupun topik yang dibicarakan.

Algoritma Youtube Trending
Youtube sebagai sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia juga mengikuti tren yang terjadi di berbagai sektor.

Kolaborasi Antar Content Creator
Para pembuat konten di Youtube sering disebut sebagai Content Creator. Anda bisa melakukan kolaborasi dengan para content creator lainnya untuk meningkatkan kesempatan konten Anda menjadi viral terutama para content creator yang memiliki CTR dan Bounce Rate yang tinggi.
Kualitas Konten
Aspek kedua yang perlu ditinjau adalah kualitas konten. Pada beberapa konten yang tersedia di Youtube, terutama konten viral sangat beragam kualitasnya.

Mengikuti Tren Terkini
Selain kedua hal di atas, algoritma Youtube terbaru akan melakukan penyaringan terhadap konten-konten yang viral.

Menerapkan Konsep Clickbait
Salah satu cara untuk membuat video Anda menjadi viral melalui algoritma Youtube terbaru adalah menggunakan teknik clickbait. Pada umumnya clickbait digunakan pada deskripsi konten, tumbnail, bahkan judul konten. Hal ini bertujuan untuk mengundang keingintahuan para penonton dan membuat mereka mengklik dan menonton video yang Anda buat.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here