Bagaimana Algoritma Shopee? Pentingkah untuk Diketahui?

27

101Red – Pastinya tidak ada satu pun orang yang akan mengetahui secara detail isi algoritma dari Shopee, yang bisa di lakukan adalah memperkiran dari pengalaman menggunakan Shopee. Jadi kalau ada yang berkomentar mengetahui algoritma Shopee jangan langsung percaya, karena algoritma adalah rentetan bahasa pemprograman yang kami yakin 99,9% dari anda tidak akan pernah bisa membaca dan mempelajari dengan singkat. Algoritma merupakan rahasia sebuah platform, platform apa pun itu.
Pastinya, fungsi algoritma adalah untuk mencari kualitas bagi penggunanya. Apapun platform nya, baik Shopee, Tokopedia, Lazada, bahkan Google dan Facebook.

Pola Market Dan Kebiasaan Pelanggan Berubah
Ini menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan Algoritma, perubahan ini selalu dinamis karena Shopee sendiri akan mengikuti pola pasar, misal di tahun 2019 Shopee akan lebih menaikan seller yang menjual fashion karena di saat itu market sedang tumbuh dengan baik, dan permintaan yang tinggi terhadap fashion. Namun hal ini berubah ketika 2020 dimana kebutuhan vitamin, masker, APD, dan obat obatan lebih naik karena adanya masa pandemi. Termasuk menurunnya permintaan pasar karena melemahnya daya beli.
Seller Lama Terlalu Nyaman di Zona Nyaman
Hal ini membuat Shopee akan sedikit demi sedikit menurunkan produk dari seller yang sudah lama tergantikan dengan seller baru yang lebih agresif dalam melakukan promosi. Baik seller yang menggunakan fitur Iklanku atau dengan iklan di luar Shopee. Seller lama yang hanya mengandalkan trafik natural dari Shopee akan mulai di gantikan dengan seller baru yang lebih giat dan sama sama memberikan layanan dan produk terbaiknya.
Alirkan Trafik Di Luar Shopee
Hal ini akan lebih efektif bukan hanya dari sisi internal Shopee saja, tapi bagi kebutuhan bisnis anda. Dengan mengalirkan trafik dari TikTok Ads, IG Ads atau Facebook Ads, anda tidak akan memiliki ketergantungan lebih dari Shopee.
Fokuslah Ber-Marketing
Anda tidak perlu terlalu mencari tahu algortima Shopee dan segala hal yang berkaitan dengan ini, cukup fokus pada marketing maka semua akan baik baik saja. Apapun yang di lakukan Shopee, perubahan apa saja yang akan terjadi, tidak akan berdampak apapun dari usaha anda selama anda fokus pada marketing dan pelayanan.
Maksimalkan saja marketing Anda, maka algoritma tersebut akan mengikuti Anda. Karena tujuan dari algoritma adalah memberikan pelayanan yang terbaik.

Pentingkah Mengetahui Algoritma Shoopee?
Lupa kalau 90% pekerjaan anda di Shopee adalah marketing, bukan mempelajari algoritma coding atau terlalu sok sibuk mencari mencari celah tentang algoritma Shopee. Anda cukup fokus ber-marketing saja, maka semua algoritm Shopee akan mengikuti yang anda lakukan, selama yang anda lakukan adalah di jalur benar, tidak menipu, tidak mencari cari tools dan lain sebagainya.
Yang mengetahui tentang algoritma Shopee adalah Shopee sendiri. Sama seperti Google, yang paham tentang SEO adalah Google sendiri, user hanya di wajibkan mengikuti aturannya saja. Sedangkan algoritma adalah rahasia dagang mereka. Mereka bukan orang bodoh yang bisa diakalin. Ketika orientasi anda adalah marketing maka semua akan selesai.
Biasakan dengan memelajari dari dasar, teliti dan menikmati proses, meskipun anda lambat tapi kalau jalur belajar nya benar maka anda akan jauh lebih cepat scaling.
Shopee hanya ingin seller yang terpercaya, filter utama Shopee bukan kepandaian seller dalam mempelajari Algoritma internal mereka, Shopee hanya butuh seller yang terpercaya, menjual barang yang bagus, melayani dengan baik, memiliki kredibilitas tinggi. Shopee tidak butuh seller yang pandai akan algoritma internal, tapi malas ber-marketing, hanya upload produk tapi tidak mau bekerja, hanya menanti dan berharap durian runtuh.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here