Aplikasi TikTok dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Pemasaran Digital di Era Pandemi Covid-19

67

101Red – Masyarakat Indonesi bahkan dunia telah begitu lama berjuang di tengah pandemi Covid-19. Tidak berhenti juga semua pihak turut membantu dan berjuang bersama dalam menghadapi kondisi yang sangat berpengaruh kepada tatanan hidup masyarakat, baik pada kesehatan, perekonomian, pendidikan dan kehidupan sosial maupun budaya lainnya.

Gejolak dari adanya pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang besar pada perekonomian indonesia. Munculnya pandemi mengakibatkan konsumsi rumah tangga turun begitu tajam padahal konsumsi rumah tangga merupakan salah satu penopang perekonomian indonesia, tercatat pada badan pusat statistik (BPS) bahwa konsumsi rumah tangga kuartal satu 2020 sebesar 2.83 persen kemudian turun menjadi -2.23 persen pada kuartal satu 2021.

Pandemi juga membuat investasi melemah. Pasalnya, terjadi ketidakpastian jangka panjang yang berdampak pada terhentinya usaha-usaha yang ada. Sektor yang paling terdampak akibat terjadinya pandemi covid-19 adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ini mengharuskan para pelaku UMKM untuk memutar otak bagaimana cara agar usahanya ini tetap berjalan.

Di masa sulit seperti ini, media sosial semakin digemari sebab meningkatnya penguna smartphone dan kebutuhan internet juga ikut meningkat hingga akhirnya media sosial menjadi bagian dalam kehidupan sehari hari. Adanya perkembangan teknologi ini menghadirkan berbagai media yang dapat digunakan masyarakat untuk berkomunikasi.

Di masa pandemi, internet menjadi sumber informasi yang teraktual serta menjadi alat komunikasi serta menjadi alat hiburan. Internet juga dapat digunakan sebagai strategi pemasaran (digital marketing).

Menurut chaffey dan chadwick (2016) Digital Marketing merupakan kegiatan pemasaran melalui media digital menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, social media, e-mail, database, mobile/wireless dan digital tv guna meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahaui profil, perilaku, nilai produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen untuk mencapai tujuan pemasaran.

Para pengusaha ini dapat membuat stategi pemasaran digital dengan membuat sebuah konten digital menyebar konten tersebut di media sosial yang berisi pemasaran produk.

Digital marketing diartikan sebagai penggunaan teknologi digital dalam membantu kegiatan pemasaran dengan tujuan memberi informasi kepada konsumen.

Tiktok, salah satu platform media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk. Tiktok adalah suatu media sosial yang memberi tempat kepada penggunanya untuk bisa berkreatifitas melalui konten konten video yang dibuat untuk menarik para konsumen.

Banyak pakar yang yang menyebutkan bahwa tiktok akan menjadi “the big new media” karena didukung dengan jumlah pengunduhan aplikasi semenjak pandemi covid-19 yang terus meningkat.

Baca Juga: Bagaimana Pengaruh Artificial Inteligence dalam Digital Marketing?

Dilansir dari databoks katadata indonesia menduduki posisi kedua dengan jumlah penguna tiktok aktif bulanan pada 26 juli 2021 sebesar 2.2 juta. Rata-rata pengguna tiktok adalah kalangan kalangan remaja dan dewasa. Sehingga ini dapat menjadi peluang khususnya para pelaku umkm untuk meningkatkan penjualannya.

Apalagi saat ini aplikasi tiktok terdapat fitur yang langsung bisa menyambung pada tautan e-commerce serta adanya tagar seperti #RacunTikTok dan lainnya yang dapat menarik para penggunanya.

Oleh sebab itu media promosi tiktok yang terbilang mudah dilakukan saat pandemi sehingga menghasilkan keuntungan bahkan meningkatkan omzet penjualan bagi pelaku umkm yang tanggap serta cepat memanfaatkan peluang yang ada.

Beberapa pelaku umkm menilai bahwa dengan menggunakan aplikasi TikTok dapat meningkatkan penjualan dengan memposting video-video kreatif meski dalam kondisi pandemi yang entah kapan akan usai.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa selain facebook, instagram, dan lainnya, TikTok juga dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam melakukan digital marketing.

Yuk, mulai bisnis online kami bersama kami di 101Red.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here