Apa Pengertian Marketing Tools dan Penerapannya Bagi Bisnis

215

101Red – Pemasaran pada era  digital marketing memang memiliki tantangan serta peluang yang menjanjikan. Tantangan yang harus dihadapi ialah perubahan tren pemasaran semakin cepat. Perilaku konsumen setiap saat mengalami perubahan, perubahan tersebut harus bisa dihadapi oleh seorang pebisnis. Tantangan ini menjadikan peluang baru bagi pebisnis. Kemampuan untuk  beradaptasi diperlukan untuk menghadapinya. Seseorang yang mampu beradaptasi yang akan menjadi pemenangnya.  Untuk itu, diperlukan marketing tools yang tepat.  Marketing tools dapat membantu Anda bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan penjualan dan juga membangun brand. Peningkatan brand juga diperlukan agar keberadaan brand Anda selalu diingat konsumen. Selanjutnya kita akan membahas definisi dari marketing tools.

Apa itu Marketing tools?

Marketing tools merupakan alat yang digunakan untuk mengembangkan produk dan layangan yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis. Tools yang dimaksud bisa berupa teknik, strategi dan material.

Beberapa pebisnis menggunakan beberapa marketing tools yang berbeda seperti periklanan, direct mail dan survey yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan mereka.

Beberapa marketing tools yang mereka gunakan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Sementara itu tak sedikit pebisnis yang fokus untuk mengumpulkan data konsumen. Namun semua tujuan yang mereka lakukan memiliki tujuan akhir yaitu untuk menentukan strategi agar penjualan meningkatkan.

Penentuan tools yang digunakan merupakan hal yang penting. Tools yang Anda gunakan harus bisa mendukung Anda mencapai tujuan Anda. Namun yang terjadi umumnya, kebanyakan orang menggunakan beberapa marketing tools pada waktu yang bersamaan.

Baca Juga : Memasarkan Usaha Kuliner Menggunakan Youtube? Apakah Bisa? Kenapa Tidak?

Jenis-jenis Marketing tools

Iklan Baris

Iklan baris memiliki tujuan untuk meningkatkan lead. Lead merupakan konsumen yang petonsial. Iklan baris dapat membuat orang mengunjungi sebuah web yang spesifik.  Iklan baris juga dapat menarik orang untuk mencari informasi lebih lanjut.

Media Sosial

Media sosial bukan lagi sekedar tempat curhatan seseorang. Seperti hari ini, media sosial menjadi salah satu tools marketing yang bisa menghubungkan Anda dengan konsumen secara online.  Dengan media sosial, kita dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk Anda.

Survey

Anda dapat melakukan survey untuk menentukan produk yang akan diproduksi dan juga dapat digunakan untuk meningkatkan nilai produk atau jasa yang sudah ada. Survey juga dapat Anda gunakan untuk melakukan komparasi dengan kompetitor. Hasil survey yang Anda lakukan dapat menunjukkan sampel yang representative kepada konsumen, tentang apa yang mereka sukai  dari produk Anda.

Ada beragam metode yang bisa Anda lakukan untuk melakukan survey. Anda bisa melakukan survey dengan tatap muka, menggunakan telepon, menggunakan pos atau secara online. Banyak tools yang memudahkan  orang melakukan survey secara online. Google Docs dan Survey Monkey merupakan tools yang bisa Anda gunakan.

Google Analytics

Google analytics dapat memberikan informasi tentang tipe-tipe pengunjung, konten yang terbaik yang Anda miliki serta banyaknya like dari pengunjung.

Data-data yang Anda dapatkan berguna untuk menetapkan strategi dalam tujuan untuk meningkatkan konversi.

Direct Mail

Secara mudahnya, direct mail adalah bentuk digital marketing yang secara khusus menargetkaan pelanggan potensial. Selain media sosial, metode ini ban yak disebut sebagai salah satu metode terbaik dalam digital marketing.

Banyak sekali marketing tools yang dapat digunakan. Banyak juga diantaranya yang sangat powerfull berkontribusi untuk meningkatkan skala bisnis Anda. Anda dapat memilih marketing tools yang sangat-sangat Anda butuhkan. Anda tidak membutuhkan semuanya. Dan apa yang Anda butuhkan berbeda dengan apa yang orang lain butuhkan. Selektiflah dalam memilihnya, agar bisnis Anda dapat beradaptasi dengan tren pemasaran saat ini. Yuk, mulai bisnis online bersama kami 101Red

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here