9 Cara Memulai Usaha Laundry

35

101Red – Jika ingin memiliki bisnis yang tidak membutuhkan modal yang besar dan menuntut banyak keahlian atau skill dan juga ramah bagi pebisnis pemula pilihannya adalah mimiliki bisnis laundry. Bisnis ini bisaa dilakukan secara rumahan sehingga relatif bisa direalisasikan. Meskipun demikian kalau tidak dilakukan secara terencana matang tetap beresiko mengalami kerugian.

Pada saat sekarang ini banyak orang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, dikarenakan aktifitas yang padat dalam beraktifitas bekerja. Oleh karena itu banyak yang mencari usaha laundry terdekat dengan tempat tinggal atau kantor untuk mencuci pakaian atau pun yang lainnya.

Oleh karena itu banyak orang yang melirik bisnis ini. Berikut ini tips dan strategi cara memulai bisnis laundry :

  1. Mencari Modal Usaha

Dalam menjalankan bisnis apapun yang terpenting adalah adnya modal. Tanpa memiliki modal, semua kegiatan bisnis yang sudah direncanakan tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Modal usaha ini bisa aja didapat dari menabung, atau memperoleh pinjaman dari orang tua.

  1. Menghitung Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan

Tahap selanjunya adalah menghitung jumlah  peralatan dan perlengkapan yang akan dibutuhkan dalam menjalankan usaha bisnis ini. Seperti menghitung kebutuhan  mesin cuci, setrika, ember tempat cucian dan timbangan. Selain itu juga harus dihitung sea tempat, gaji karyawan, dan peralatan penunjang lainnya.

  1. Mengelola Keuangan

Pengelolaan uang yang tepat akan menghasilkan profit atau keuntungan. Hal ini dikarenakan keuangan adalah bahan bakar penggerak bisnis. Pengelolaan  Ketika bisnis sudah berjalan, keuangan adalah bahan bakar penggerak bisnis Anda. Oleh karena itu, pengelolaan uang sangat diperlukan  untuk melihat ke mana saja aliran dana Anda.

  1. Melakukan Riset Laundry

Membuka usaha luandry kiloan harus melakukan riset. Adapun tujuan melakukan riset ini adalah untuk mengetahui seluk beluk dan langkah yang tepat untuk membuka usaha laundry kiloan. Seperti untuk mengetahui peluang usaha laundry, persiapan peralatan  biaya operasional, hingga promosi.

  1. Menentukan Lokasi

Langkah berikutnya adalah menentukan lokasi. Langkah ini adalah salah satu faktor yang menentukan sukes atau tidaknya bisnis ini. Salah dalam menentukan lokasi , bisnis anda akan sepi pelanggan dan akhirnya bangkrut.

Sebelum menentukan lokasi ada baiknya menetukan target pasar. Apakah orang yang bekerja dikantoran, mahasiswa, .pilih lokasi yang berdekatan dengan area perkantoran,dan kampus. Adapun tujuannya adalah agar mudah djangkau dan ditemukan oleh mereka.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Katering Agar Sukses dan Diminati

  1. Mengamati Kompetitor

Pada saat menentukan titik lokasi laundry , maka hal pentinh yang harus dilakukan adalah mengamati pesaing/ kompetitor yang ada di sekitar anda. Hal ini dikarenakan bisnis laundry bukan bisnis baru. Mungkin saja sebelum nya ada kompetitor lain yang sudah ada.

Jika sudah ada kompetitor lain yang yerlabih dahulu menguasai lokasi yang anda tempati, ada baiknya anda harus melakukan strategi baru atau yang tepat, agar bisa bersaing. Pelajari tentang pelayanan, harga yang diberikan oleh kompetitor saingan anda.

  1. Penentuan Harga.

Harga pasar akan membantu dalam menentukan strategi harga di bisnis Anda. Beberapa faktor yang menentukan harga adalah membeli peralatan atau modal awalnya, gaji karyawan, biaya sewa, biaya listrik dan air,  dan perawatan peralatan. Setelah mengitung semua komponen tersebut barulah menentukan harga. Kemudian bandingkan harga anda dengan kompetitor yang ada. Jika harga yang ada dipasar masih menguntungkan sebaiknya bersaing dengan harg pasar, tetapi memberikan pelayanan yang lebih baik.

  1. Standar servis bagi pelanggan

Servis kepada pelanggan adalah salah satu faktor untuk menarik konsumen. Untuk menghadirkan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan ada baiknya membuat prosedur pelayanan seperti: memberi kompensasi /mengganti pakaian yang hilang atau memberikan laundry gratis kepada pelanggan yang selalu menggunakan jasa laundry.

  1. Tentukan Strategi Marketing

Strategi marketing bi dilakukan secara online dimedia sosial yang dimilki   seperti facebook, Instagram  atau membuat web sendiri. Bisa juga secara offline seperti memsang spanduk dan banner.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here