7 Tips Meningkatkan Produktivitas Bisnis

339

101red.com – Menjadi seorang pengusaha apalagi yang masih pemula bisa dikatakan susah-susah gampang. Mengapa? Seperti yang diketahui untuk bisa menjalankan profesi sebagai seorang pengusaha dibutuhkan keterampilan dan juga kreativitas untuk bisa menjalankan bisnisnya. Tidak hanya itu saja, seorang juga harus mampu beberapa faktor diatas dengan seni kepemimpinan guna untuk meningkatkan produktivitas.

Bagi para pemula, tentu hal tersebut akan menjadi kendala dan menimbulkan kesulitan tersendiri. Namun jika Anda sudah berhasil melewatinya maka ke depan akan berjalan semakin mudah dan lancar. Nah untuk bisa meningkatkan produktivitas dengan mudah, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips yang dibagikan oleh founder ternama berikut.

1. Pastikan Untuk Mencatat Semua Hal

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat semua hal yang dijumpai. Founder dari Zuckeberg Media yaitu Randi Zuckerberg selalu menekankan betapa pentingnya kegiatan mencatat tersebut. Tujuan dilakukan pencatatan ini akan untuk dijadikan sebagai bahan perbincangan terkait bisnis yang dilakukan.

Untuk memudahkan aktivitas mencatat sebaiknya Anda menggunakan aplikasi pencatatan yang tersedia di smartphone. Dengan begitu Anda tidak perlu susah payah membawa note ke mana-mana.

2. Percayai Karyawan Anda

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin meningkatkan produktivitas bisnis dengan mempercayai kinerja dari karyawannya. Perlu diketahui bahwa Amber Venz founder dari Rewardstyle juga mengungkapkan bahwa kepercayaan adalah hal yang sangat penting.

Seorang pengusaha atau entrepreneur akan lebih mudah meningkatkan produktivitas bisnisnya yaitu ketika ia mampu memberikan kepercayaan sepenuhnya pada karyawan.

3. Buat Semua Terasa Lebih Mudah

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu saja akan disibukkan dengan berbagai macam tujuan. Baik untuk tujuan jangka panjang atau jangka pendek  usaha atau bisnis yang dijalankan. Menurut Julia Hartz founder dari Everbrite menjelaskan bahwa aksesibilitas dan juga kecepatan dalam memberikan informasi ke tim menjadi hal yang paling utama.

Oleh karena itu penting sekali untuk menyampaikan informasi yang lebih jelas dan ringkas agar dapat tersampaikan dengan jelas. Dengan informasi yang mudah diakses oleh tim tentu akan membuat segala hal menjadi lebih efektif dan juga efisien.

4. Lebih Aktif Setiap Hari

Tahukah Anda bahwa menurut Bastian Lehmann dan Postmann mengatakan bahwa aktif beraktivitas atau bergerak akan menumbuhkan passion pada diri. Dengan adanya passion tersebut tentu Anda akan lebih semangat dalam menjalankan bisnis yang Anda jalankan sekarang.

Selain itu berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Healt.gov pada tahun 2005 silam dengan aktif bergerak akan terhindar dari penyakit kronis atau parah.

5. Tidurlah Lebih Awal, Bangunlah Lebih Pagi

Di zaman yang semakin berkembang dan maju ini, banyak orang mulai melupakan salah satu hal yang paling penting atau esensial dari kehidupan. Apalagi seorang pengusaha yang selalu sibuk sehingga memiliki alasan untuk mengurangi waktu tidurnya.

Menurut David Bladov dari BloomThat justru mengatakan bahwa menghabiskan waktu untuk tidur lebih awal sangat penting agar bisa bangun pagi. Dengan bangun lebih pagi, David Bladov merasa lebih produktif.

6. Coba Mematikan Smartphone

Apa mungkin bisa mematikan smartphone di era digital ini? Pasti sebagian dari Anda akan merasa kesulitan, bukan? Seperti yang diketahui gadget menjadi salah satu kebutuhan yang wajib untuk dibawa ke mana saja. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Daniella Yacobovsky founder dari BaubleBar.

Ia mengungkapkan bahwa dengan terlalu sering membuka HP membuatnya semakin tidak produktif. Sehingga pelan-pelan ia berusaha untuk meninggalkan kebiasaannya tersebut. Nah bagi Anda yang merasa sangat tidak produktif bisa mencoba cara yang satu ini.

7. Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

Satu lagi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas bisnis atau usaha adalah jangan sampai menunda-nunda pekerjaan. Bagi Anda yang suka menunda-nunda pekerjaan seharusnya bisa mengubah kebiasaan tersebut pelan-pelan.

Menurut Melissa Ben-Ishay yang merupakan founder Baked By Melissa mengatakan bahwa menunda-nunda pekerjaan justru akan membuat seseorang tidak produktif. Waktu merupakan salah satu hal yang sangat berharga, sekali terlewat Anda tidak akan bisa mengembalikannya.

Baca juga: 5 Cara Membangun Branding Produk Menggunakan Sosial Media

Nah demikian beberapa informasi terkait cara meningkatkan produktivitas bisnis menurut pendapat beberapa founder ternama. Jadi apakah Anda sudah siap untuk menjadi pengusaha yang produktif? Jika Iya, maka pastikan untuk menerapkan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas. Semoga menginspirasi.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here