5 Cara Membangun Branding Produk Menggunakan Sosial Media

343

101Red.com – Selain sebagai sarana komunikasi dan mencari informasi, sosial media ternyata juga bisa menjadi tempat yang potensial untuk mencari pelanggan. Sosial memiliki sendiri memiliki peran yang sangat penting terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis atau usaha online.

Bagi mereka yang menjalankan usahanya melalui sosial media, salah satu hal yang harus dipelajari adalah terkait dengan branding produk. Tujuan dilakukan branding produk sendiri adalah untuk mengenalkan produk atau barangnya kepada khalayak publik.

Bagi Anda yang sering eksis di media sosial tentu sudah tidak asing dengan beberapa sosial media yang digunakan untuk mempromosikan produk. Mulai dari Facebook, Instagram, snapchat dan masih banyak sosial media yang bisa dimanfaatkan.

Seperti yang diketahui bahwa masing-masing sosial media yang sudah disebutkan sebelumnya memiliki kriteria dan tipe yang berbeda dalam memasarkan bisnisnya. Agar tidak salah, pastikan untuk memilih jenis sosial media yang benar-benar sesuai dengan usaha atau bisnis yang dijalankan. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan branding produk melalui sosial media.

1. Pilih Media yang Tepat Untuk Branding Produk

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak sekali aplikasi sosial media yang tersedia dan dapat diunduh oleh pengguna internet di seluruh dunia. Dalam menjalankan bisnis online, hampir semua aplikasi bisa digunakan untuk melakukan promosi produk.

Namun meski begitu, Anda tetap disarankan untuk memilih jenis sosial yang memang sesuai dengan usaha Anda. Misalnya saja usaha yang dijalankan sekarang ini bergerak di bidang export-import barang maka, sosial media tumblr tidak cocok untuk digunakan.

Oleh karena itu penting sekali untuk memilih jenis media yang sesuai agar target pembeli dapat sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengetahui pas atau tidaknya sosial yang digunakan, maka Anda perlu mengecek bagaimana demografi sosial media tersebut.

2. Usahakan Untuk Menggunakan Konten Visual

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pastikan untuk menggunakan konten visual dalam melakukan branding produk. Namun perlu diingat bahwa dalam pembuatan konten visual ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar konten yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah konten visual dalam strategi promosi.

Beberapa hal tersebut seperti pemilihan warna, penggunaan logo yang unik dan menarik, dan membagikan konten ke sosial media lainnya. Selain itu Anda juga harus membuat template posting guna untuk lebih meningkatkan ketertarikan pengunjung atau follower terhadap produk.

3. Jangan Lupa Ceritakan Brand Produk Melalui Konten

Seperti yang diketahui, sosial media bukan hanya sekedar tempat untuk membagikan konten tanpa cerita. Saat ini netizen atau pembeli sudah sangat cerdas membedakan brand atau produk mana yang berkualitas dengan produk yang hanya abal-abal. Konten yang bagus dalam meningkatkan branding adalah konten yang membagikan alasan dibalik diciptakannya produk tersebut.

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk menyampaikan bagaimana produk Anda tersebut dapat membantu mengatasi masalah pembeli. Dengan me posting cerita tentang produk Anda tersebut beserta testimoni nya tentu akan membuat banyak orang semakin percaya dengan produk Anda tersebut.

4. Konsisten Dalam Posting Di Sosial Media

Perlu diingat bahwa konsisten memposting di sini bukan hanya sekedar posting informasi produk dan promo saja. Namun lebih dari itu, sebaiknya selain berjualan Anda juga bisa memberikan edukasi yang tentu dapat meningkatkan awareness dan engagement pelanggan.

Konsisten di sini juga diartikan sebagai mengatur jadwal posting terbaik sehingga kemungkinan banyak pelanggan yang melihatnya.

5. Gunakan Influencer untuk Branding Produk

Satu lagi hal yang sangat penting namun sering disepelekan oleh mereka yang menjalankan bisnis online. Seperti yang diketahui, menggunakan sosial media untuk kegiatan bisnis tidak akan berjalan lancar tanpa menggunakan bantuan influencer.

Influencer sendiri merupakan seseorang yang sudah terkenal dan memiliki follower yang sangat banyak. Dengan menggunakan bantuan dari influencer Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan mudah dan luas.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dengan Bisnis Dropshipping

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan branding produk melalui sosial media. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda dalam meningkatkan promosi bisnis yang dijalankan saat ini.

daftar belajar jualan online di 101red
daftar belajar jualan online di 101red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here